Mbak You Dihujat, Deddy Corbuzier Ungkit Bahaya Ramalan Bohong Picu Nocebo Effect?
Instagram/mastercorbuzier
Selebriti

Deddy Corbuzier kembali buka suara usai Mbak You menuai kontroversi soal ramalan pergantian presiden. Deddy meminta agar ramalan bohong segera diakhiri karena bisa berbahaya bagi masyarakat.

WowKeren - Deddy Corbuzier kembali mengungkap keprihatinan soal prediksi peramal. Lewat InstaStory, Deddy meminta para peramal berhenti memprediksi hal-hal yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

"Tolonglah, siapapun itu, stop ramal ramal bohong," kata Deddy di InstaStory. "Kalau ngomongin bakal rusuh, presiden diganti paksa, ngerti nggak bahayanya kata-kata bohong ini ke masyarakat. tahu namanya Nocebo?"

Dalam istilah kedokteran, nocebo merupakan suatu keadaan ketika substansi yang sebenarnya tak menyebabkan rasa sakit membuat seseorang mengalami rasa sakit akibat kepercayaan atau persepsi mengenai suatu hal. Ini cenderung dialami oleh orang-orang yang memiliki pemikiran negatif terhadap sesuatu hal. Terkadang, nocebo juga bisa memicu depresi hingga paranoid pada seseorang.


Sementara itu, Deddy melontarkan reaksi tersebut setelah Mbak You meramal tentang pergantian presiden hingga menuai kritikan. Namun, Mbak You menegaskan kalau ramalannya disalahartikan hingga memicu isu tentang prediksi Jokowi bakal lengser di 2021.

"Yang saya maksud di press conference 2020 itu bahwa, di tahun mendatang di pergantian presiden, 2024, akan ada pergantian presiden, bukan presiden sekarang. Bukan 2021," kata Mbak You. "Tapi di saat nanti, pergantian presiden nanti di tahun 2024, akan ada ganti presiden, bukan 2021 ganti presiden."

Disisi lain, Mbak You sempat diwawancara Denny Sumargo soal ramalannya yang kerap dihujat. Denny penasaran soal alasan Mbak You tetap mengungkap sejumlah ramalan walau menuai kontroversi.

"Tujuan Mbak You meramal itu kemana? Itu mungkin yang jadi negatif," tanya Denny. "Saya cuma menerawang. Saya hanya ingin agar kita saling mendoakan, semua kembali pada Allah," seru Mbak You. "Jadi yang saya tangkap Mbak You ingin menyampaikan pesan ya, secara tidak langsung mengingatkan semua orang. Tapi semua tergantung penafsiran orang ya," kata Denny. "Iya," kata Mbak You.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait