Gunung Semeru Kembali Meletus, Ramalan Mbak You Terbukti Benar?
Instagram
Selebriti
Gunung Semeru Erupsi

November tahun lalu, Mbak You pernah meramal sejumlah bencana alam akan terjadi di Indonesia pada tahun 2021. Penasaran seperti apa penuturannya saat itu?

WowKeren - Gunung Semeru kembali meletus pada Sabtu (16/1) sekitar pukul 17.24 WIB. Letusan ini membuat Semeru memuntahkan Awan Panas Guguran (APG) dengan jarak luncur kurang lebih 4,5 kilometer.

Setelah gunung ini meletus, ramalan Mbak You pada tahun lalu kembali menjadi sorotan. Pada 21 November 2020 lalu, Mbak You mengungkapkan bahwa Indonesia akan dilanda banyak bencana alam di awal tahun 2020. Salah satunya adalah gunung meletus di lebih dari satu tempat.

"Awal tahun 2021 bencana alam akan meraja. Dari gunung yang erupsi akhirnya meletus. Ada di beberapa tempat dan banyak yang tidak bisa keluar dari zona karena begitu tebalnya debu tersebut," ujar Mbak You melalui kanal YouTube Myou Entertainment.

"Dan gunung yang tidak aktif pun akan mengeluarkan erupsi dan itu juga tidak di satu tempat. Tempat yang biasa dipakai wisata juga akan dipakai wisata itu juga akan bermasa dengan adanya gempa dan gunung erupsi," imbuhnya.


Mbak You memang tidak menyebut lokasi gunung tersebut secara spesifik. Namun akhirnya banyak warganet yang menghubungkan ramalannya dengan peristiwa letusan Gunung Semeru tadi malam.

Sementara itu, BNPB menyatakan status Gunung Semeru saat ini masih berada di level II atau Waspada. Namun status tersebut tengah dievaluasi lebih lanjut oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Selain itu, BNPB juga mengingatkan masyarakat di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Curah Kobokan agar mewaspadai intensitas curah hujan yang tinggi karena dapat memicu terjadinya banjir lahar dingin.

Letusan Gunung Semeru ini sendiri turut menambah daftar panjang bencana alam yang terjadi di Tanah Air dalam beberapa waktu terakhir. Sebelum ini Indonesia telah dilanda banyak bencana seperti gempa di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan, longsor di Sumedang hingga banjir sekaligus longsor di Kota Manado, Sulawesi Utara.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts