Usai Tinjau Banjir Kalsel, Jokowi Siap Kunjungi Lokasi Gempa Sulbar Hari Ini
Twitter/setkabgoid
Nasional

Jokowi dijadwalkan bertolak ke Sulawesi Barat pada Selasa (19/1) pagi dalam rangka meninjau lokasi gempa. Dalam agenda tersebut, Jokowi akan mengunjungi tempat pengungsian warga setempat.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah selesai melakukan kunjungan ke Kalimantan Selatan untuk meninjau wilayah yang terdampak banjir. Selanjutnya, Jokowi dijadwalkan bertolak ke Sulawesi Barat pada Selasa (19/1) pagi dalam rangka meninjau lokasi gempa.

"Iya (meninjau lokasi gempa) Mamuju dan Majene," tutur Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dilansir Kompas.com. Rencananya, Jokowi menempuh perjalanan ke Sulbar dengan menggunakan jalur udara.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi diagendakan mengunjungi tempat pengungsian warga setempat di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene dan di Kabupaten Mamuju. "Tempat pengungsian dan rumah-rumah warga yang kena gempa serta korban gempa," jelas Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

Sebagai informasi, banyak rumah warga dan fasilitas umum yang mengalami kerusakan akibat gempa bermagnitudo 6,2 di Sulbar pekan lalu. Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban jiwa akibat gempa Sulbar mencapai 84 orang per Senin (18/1) kemarin.


Sebanyak 679 orang mengalami luka ringan, sedangkan korban luka berat sebanyak 253 orang. Hampir 20 ribu warga terdampak pun mengungsi saat ini.

Di sisi lain, Jokowi telah melakukan kunjungan kerja ke Kalsel pada Senin kemarin untuk meninjau wilayah terdampak banjir. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi menyatakan bahwa banjir di Kalsel ini merupakan yang pertama terjadi dalam lebih dari 50 tahun terakhir.

Jokowi pun kemudian membeberkan alasan di balik terjadinya bencana alam yang terjadi bersamaan dengan sejumlah fenomena lain di Sulawesi dan Jawa. Bukan penggundulan hutan, Jokowi justru menyebut curah hujan tinggi selama hampir 10 hari berturut-turut merupakan salah satu alasan air meluap di 10 kabupaten/kota Kalsel.

Jokowi juga menyebut kunjungannya ke Kalsel sebagai wujud untuk memastikan proses perbaikan infrastruktur dilakukan dengan baik. Seperti misalnya proses pembangunan kembali jembatan yang hancur diterjang banjir, yang ditarget rampung dalam 3-4 hari.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait