Bule 'Meresahkan' yang Ajak Tinggal di Bali Saat COVID-19 Akhirnya Dideportasi, Begini Faktanya
/CEphoto, Uwe Aranas
Nasional

Kristen Gray dan pasangannya, Saundra Alexander akhirnya dideportasi pada Selasa (19/1) ini menyusul utas meresahkan mereka yang mengajak rekan-rekan bule untuk pindah ke Bali.

WowKeren - Beberapa waktu belakangan topik soal seorang WN Amerika Serikat yang mengajak rekan-rekannya untuk pindah ke Bali menjadi pembicaraan panas masyarakat. Pasalnya ajakan itu disampaikan diduga disertai dengan kiat untuk mengelabui sistem imigrasi Indonesia mengingat saat ini WNA dilarang masuk demi menghindari pandemi COVID-19.

Dan kekinian kedua bule "meresahkan" itu akhirnya dideportasi ke AS. Dijelaskan Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuluk, Kristen Antoinette Gray dan pasangan wanitanya, Saundra Michelle Alexander, dideportasi karena informasi meresahkan yang disebarkan lewat cuitannya.

Salah satunya adalah soal Bali yang disebut memberikan kenyamanan terhadap kaum LGBT. Lalu cuitan Kristen yang mengungkit soal kemudahan akses memasuki Indonesia di masa pandemi COVID-19 juga menjadi sorotan Kemenkuham.

Tindakan Kristen ini, dituturkan Jamaruli, melanggar Pasal 75 Ayat 1 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. "Tindak lanjut WN Amerika Serikat Kristen Gray (dan pasangannya) dikenakan tindakan administrasi keimigrasian pendeportasian atau pengusiran," kata Jamaruli dalam konferensi persnya di Kanim Imigrasi Denpasar, Selasa (19/1).


Lewat pasal itu dijelaskan bahwa pejabat Imigrasi Indonesia memiliki wewenang untuk melakukan tindakan administratif keimigrasian terhadap orang asing yang berada di Indonesia yang melakukan kegiatan berbahaya dan diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum. Atau apabila WNA bersangkutan tidak menghormati atau tidak menaati peraturan perundang-undangan.

Saat ini Kristen Gray dan pasangannya pun telah ditahan di Ruang Detensi Imigrasi, Kantor Imigrasi Denpasar. Keduanya yang didampingi kuasa hukum Gray, Erwin Siregar, saat ini tengah menunggu penerbangan untuk memulangkan mereka ke negara asalnya.

Sebelumnya, Kristen Gray lewat akun Twitter @kristentootie membuat geger lini masa dengan utas pengalamannya pindah ke Bali. Ia mengaku pindah ke Bali sejak beberapa waktu lalu dengan Saundra sang pasangan dan menikmati hidup yang lebih tenteram di Pulau Dewata.

Kristen mengakui tingkat kehidupannya berubah karena biaya hidup yang rendah di Bali. Ia pun mengaku masih bekerja secara remote tanpa terganggu di Bali. Karena itulah Kristen dan Saundra, lewat peluncuran sebuah buku elektronik mengajak rekan-rekannya untuk mengikuti jejak mereka pindah ke Bali.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts