Inikah Alasan SM Pantas Disebut Trendsetter K-Pop?
Selebriti

Ada beberapa alasan yang menunjukkan bahwa SM lah agensi yang memulai sesuatu di K-Pop. Salah satunya video latihan koreografi yang dirilis setelah video musik.

WowKeren - SM Entertainment bukan hanya sekadar agensi besar yang menaungi artis-artis K-Pop terkenal. Agensi yang yang didirikan Lee Soo Man itu juga pantas disebut sebagai trendsetter dalam industri.

Ada beberapa alasan yang menunjukkan bahwa SM lah agensi yang memulai sesuatu di K-Pop. Salah satunya video latihan koreografi yang dirilis setelah video musik.

Ketika grup idol merilis album dan video musik untuk lagu utama, mereka selalu merilis video latihan koreografi setelahnya. Setelah ditelusuri, Shinhwa grup SM adalah yang memulainya pertama kali. Tangkapan layar di bawah ini adalah dari video latihan koreografi "Only One" Shinwha dan itu adalah video latihan pertama yang pernah dirilis di Korea.

Inikah Alasan SM Pantas Disebut Trendsetter K-Pop?

Source: Pann


Rupanya, SM sangat ingin menciptakan konsep misterius untuk idol mereka. Namun secara tidak sengaja dibocorkan dari dalam oleh seorang karyawan agensi yang menaungi NCT dan grup-grup terkenal lainnya itu.

Sebenarnya tidak ada yang namanya video latihan koreografi dan mereka hanya merekamnya untuk mengonfirmasi koreografi di dalam perusahaan dan memainkan lagu panduan sambil mengubah koreografi mereka. Namun ini bocor dan secara mengejutkan mendapatkan sambutan hangat. Artis lain mulai melakukan hal serupa dan sekarang menjadi hal biasa.

"Bukankah photocard juga dimulai oleh SM? SM juga yang menyebarkan ide merchandise idol. Ada banyak hal terkait idol yang berasal dari SM," komentar netizen. "Bukankah asal mula platform idol saat ini umumnya dari SM juga?" tambah netizen lain.

"Menghubungkan light stick secara nirkabel melalui Bluetooth dilakukan oleh SM terlebih dahulu dan kupikir mereka yang pertama melakukan konser online juga," sahut yang lain. "Bukankah SM yang mulai memasukkan nama member dalam fan chant juga?" pungkas lainnya.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru