Inilah Makna Gaun Ungu Kamala Harris Saat Pelantikan Presiden dan Wapres AS
Getty Images
Selebriti

Dalam hari bersejarahnya itu, Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris menggunakan shift dress dan coat ungu karya desainer muda Christopher John Rogers.

WowKeren - Joe Biden dan Kamala Harris resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS periode baru pada Rabu (20/1) waktu setempat. Dalam momen penting tersebut, Kamala Harris tampil menggunakan gaun warna ungu cerah yang sukses menyedot perhatian.

Dalam hari bersejarahnya itu, Kamala Harris menggunakan shift dress dan coat ungu karya desainer muda Christopher John Rogers. Usut punya usut, rupanya ada makna tersendiri di balik gaun warna ungu yang digunakan oleh mantan Senator California tersebut.

Dilansir dari People, warna ungu rupanya kaya akan simbolisme. Ungu menjadi warna bangsawan. Menurut sejarawan Gwendolyn Dubois Shaw, demokrasi kita muncul dari situasi monarki dan kolonial. Kita tidak pernah memiliki royalti sendiri, jadi kita cenderung menunjukkan keinginan itu.


Warna ungu juga merupakan lambang kehormatan yang diberikan oleh militer Amerika Serikat untuk para veteran yang terluka dan terbunuh dalam menjalankan tugas.

Selain itu, ada pula makna lain yang lebih sederhana, seperti urutan warna cat 1,2,3. Dalam urutan angka tersebut adalah warna merah + biru = ungu. Warna tersebut adalah seruan untuk persatuan demi menyembuhkan perpecahan besar antara Partai Republik dan Partai Demokrat. Seperti diketahui, Demokrat kental dengan warna biru, sedangkan Republik disimbolkan dengan warna merah, di mana kedua partai telah bertikai sengit selama 12 tahun terakhir.

Di sisi lain, nyatanya tidak hanya Kamala saja yang menggunakan busana warna ungu. Sejumlah wanita-wanita penting dalam acara pelantikan tersebut juga menggunakan busana ungu. Ada Hillary Clinton yang mengenakan baju monokrom ungu dari atas sampai bawah. Ia menggunakan celana, blazer hingga scraf, dan luaran coat yang serba ungu.

Juga mantan First Lady Michelle Obama yang tampil chic dengan busana ungu plum. Datang bersama Barack Obama, Michelle menggunakan celana wide-leg dengan atasan turtle neck.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait