7 Tanda Kamu Harus Segera Berhenti Diet, Termasuk Sulit Menikmati Hidup
Lifestyle

Tak sedikit terjadi kasus dimana diet justru menyebabkan orang yang melakukannya stres. Meski diet sangat berat namun harus dilakukan dengan senang hati untuk hasil yang maksimal.

WowKeren - Memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan setiap wanita. Namun bagi sebagian dari mereka, mendapatkan tubuh yang ideal bisa memerlukan perjuangan berat apalagi jika memiliki berat badan berlebih.

Ada berbagai cara untuk mengurangi berat badan untuk bisa membentuk tubuh yang proporsional. Salah satunya dengan melakukan diet. Diet pun juga ada bermacam-macam yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, perlu diingat jika diet ini bukan hal yang mudah bagi setiap orang.

Tak sedikit terjadi kasus dimana diet justru menyebabkan orang yang melakukannya mengalami stres. Tubuh pun juga akan mengeluarkan sinyal-sinyal tertentu yang menandakan jika dietmu sebaiknya dijeda dulu. Berikut beberapa di antaranya.

(wk/zodi)

1. Terus Memikirkan Apa Yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan


Terus Memikirkan Apa Yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan

Saat memulai diet sudah bukan rahasia lagi jika kamu harus mulai menyesuaikan diri. Jika sebelumnya kamu bisa makan dengan leluasa maka jika sudah mulai diet maka harus lebih selektif memilih makanan.

Hal ini yang kemudian bisa membuatmu terus memikirkan makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Terlalu berlebihan memikirkan berapa banyak kalori yang terkandung dalam makanan justru akan mengganggu ketenanganmu, bukan?

2. Takut Berlebihan Jika Berat Badan Bertambah


Takut Berlebihan Jika Berat Badan Bertambah

Setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda untuk bisa melihat hasil dietnya. Ada yang dalam waktu singkat sudah berhasil menurunkan berat badan ada yang memerlukan waktu lebih lama.

Jika saat bangun pagi hal pertama yang terlintas di pikiranmu adalah terkait penambahan berat badan ini, maka bisa bisa jadi kamu harus berhenti diet sejenak. Ini menandakan jika diet yang kamu lakukan sudah terlalu menyita waktu dan pikiranmu.

3. Membenci Makanan yang Dikonsumsi


Membenci Makanan yang Dikonsumsi

Menjalankan diet harus siap dengan konsekuensi "berkurangnya" kebebasan saat menikmati makanan. Tetapi jangan biarkan hal ini mengganggu pikiranmu. Diet sebaiknya tidak dilakukan dalam kondisi terpaksa.

Jika diet membuatmu merasa terpaksa mengonsumsi makanan yang kamu benci maka sebaiknya hentikan dulu dietmu. Diet yang seimbang adalah diet yang sehat dan kamu juga harus melakukannya dengan senang hati.

4. Berat Badan Naik Turun


Berat Badan Naik Turun

Jika kamu mendapati berat badanmu naik turun secara fluktuatif bisa jadi itu pertanda dietmu tidak berjalan mulus. Alhasil kondisi ini justru bisa membuat pelaku diet terbebani dan terus memikirkan apakah ada yang salah.

Diet yang baik adalah yang mampu menurunkan berat badan dan mempertahankannya pada angka yang konsisten. Saat dietmu sudah berhasil, kamu tetap perlu memperhatikan pola makan yang sehat dan seimbang.

5. 'Lupa' Memanjakan Diri Sendiri


'Lupa' Memanjakan Diri Sendiri

Meskipun dalam kondisi bersusah payah menurunkan berat badan, memanjakan diri adalah hal yang wajar untuk sesekali dilakukan. Namun, jika diet yang kamu lakukan tidak mengizinkanmu untuk memanjakan diri bisa jadi itu bukan diet yang baik.

Memanjakan diri sesekali waktu bisa mengurangi stres. Sebab kondisi stres justru akan berakibat buruk pada tubuhmu. Bukan tidak mungkin kamu bisa terdorong untuk mengulang kebiasaan lama mengonsumsi makanan yang tidak sehat saat stres.

6. Memiliki Aturan yang Panjang


Memiliki Aturan yang Panjang

Saat memulai diet, kamu juga harus siap dengan seabrek aturan demi berhasilnya upaya menurunkan berat badan. Jika memang terasa memberatkan, kamu boleh kok sesekali melanggarnya. Tetapi jangan keterusan, ya.

Namun, jika aturan yang kamu buat cukup ketat hal ini justru akan membebani diri sendiri. Alhasil kamu akan merasa semakin terbatas dan berpikir bahwa diet telah merenggut kebebasanmu. Jika mengalami kondisi ini, sebaiknya hentikan sejenak dietmu.

7. Sulit Menikmati Hidup


Sulit Menikmati Hidup

Kekhawatiran akan berat badan bertambah, waktu makan yang tak lagi bebas, hingga semakin terbatasnya jenis makanan yang boleh dikonsumsi bisa membuatmu stres. Terutama di saat rekan kerja mengajakmu berwisata kuliner atau mengadakan pesta. Jika kamu merasa kehilangan momen bahagia dalam hidup hanya karena diet yang dijalankan, mungkin inilah saatnya untuk berhenti diet.

Nah, itulah beberapa sinyal tubuh yang menandakan jika dietmu harus dihentikan sejenak. Saat diet kamu juga perlu memperhatikan apakah usaha menurunkan berat badan yang kamu lakukan sudah benar. Sebab, diet juga bisa salah jika mulai memunculkan tanda-tanda seperti ini.

Ada banyak jenis diet yang bisa kamu pilih namun sebelum itu kamu perlu mengetahui efektif tidaknya diet tersebut. Jika kamu tertarik, kamu bisa membaca artikel ini untuk mengetahui jenis-jenis diet apa saja yang ampuh dan efektif.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru