Terjadi Lagi! Kadinkes Banjarmasin Malah Positif COVID-19 Setelah Terima Vaksin
Nasional
Vaksin COVID-19

Kadinkes Banjarmasin Machli Riyadi dikonfirmasi positif COVID-19 padahal sudah menerima vaksinasi pada Kamis (14/1) pekan lalu. Sebelumnya Bupati Sleman juga mengalaminya.

WowKeren - Beberapa waktu lalu Bupati Sleman Sri Purnomo dikonfirmasi positif COVID-19. Padahal sepekan sebelumnya, tepatnya pada Kamis (14/1), Sri Purnomo menjadi salah satu penerima vaksin COVID-19 di Sleman.

Dan kekinian situasi serupa kembali terjadi, yakni dialami oleh Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Machli Riyadi, yang juga mengikuti vaksinasi pada 14 Januari 2021 itu mengonfirmasi bahwa memang benar tengah menghadapi infeksi virus Corona.

"Melalui teman-teman media, saya mohon doa warga Kota Banjarmasin," ujar Machli lewat pesan singkat, Jumat (22/1). "Agar bisa cepat sembuh dari COVID-19, terima kasih."

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina pun ikut membenarkan berita tersebut. Ibnu menyebut sang Kadinkes sudah seminggu ini dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin sebagai salah satu RS rujukan COVID-19 di Kalsel.

"Malam tadi (21/1) yang bersangkutan menelpon. Mengeluh masih ada sesak napas," terang Ibnu, dikutip dari JPNN. "Kami berikan dukungan kepada beliau."


Perihal status positif COVID-19 yang dialami Machli, Ibnu menduga sudah menulari yang bersangkutan sejak sebelum divaksin. Karena itulah kemungkinan vaksin yang diterima tubuh sudah tidak bekerja.

"Kami minta jangan ada pikiran macam-macam dulu. Urusan Dinkes kami serahkan ke sekretaris sebagai Pelaksana Harian," pungkas Ibnu.

Sebelumnya kasus serupa juga dialami oleh Bupati Sleman Sri Purnomo. Namun Dinkes Sleman sudah menegaskan bahwa positif COVID-19 yang terjadi pasca divaksin ini tidak terkait dengan vaksinasi yang sudah dilakukan.

"Nggak ada kaitannya (dengan vaksin). Itu dua hal yang berbeda," tegas Kadinkes Sleman, Joko Hastaryo, Kamis (21/1). "Bukan positif karena vaksin tapi kebetulan saja seminggu yang lalu ikut vaksin dan hari ini positif."

Hal senada juga ditegaskan Sri Purnomo yang kini menjalani isolasi mandiri. "Saya meyakini hasil swab positif ini bukan dari vaksin yang saya terima. Yang saya alami ini BUKAN termasuk KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi," ujar Sri Purnomo dalam pernyataan resminya.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts