Sudah Taat Prokes, Doni Monardo Yakin Dirinya Tertular Corona Saat Makan Bersama
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Menurut Doni, dirinya selama ini telah berusaha keras dalam menjalankan protokol kesehatan COVID-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, hingga mencuci tangan di setiap aktivitasnya.

WowKeren - Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengumumkan bahwa dirinya positif terpapar virus corona. Hasil positif tersebut diterima Doni pada Jumat (22/1) malam melalui tes PCR.

Menurut Doni, dirinya selama ini telah berusaha keras dalam menjalankan protokol kesehatan COVID-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, hingga mencuci tangan di setiap aktivitasnya. Namun, Doni tetap saja tertular corona.

Oleh sebab itu, Doni meyakini dirinya tertular corona saat sedang makan bersama. Pasalnya, Doni dan orang di sekitarnya pasti membuka masker pada waktu makan. "Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular," tutur Doni dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/1)


Doni sendiri menjalani aktivitas padat dalam sepekan terakhir dengan memimpin penanganan bencana alam di sejumlah daerah. Menurut Doni, ada beberapa momen yang membuatnya melepas masker saat berkunjung ke lokasi bencana, salah satunya adalah saat makan bersama. Oleh sebab itu, Doni mengimbau masyarakat untuk menghindari acara makan bersama demi mencegah penularan corona.

"Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka," jelas Doni. "Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah tertular atau menulari. Untuk sementara, makan bisa sendiri atau terpisah dari orang lain."

Di sisi lain, Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito telah mendoakan agar Doni cepat pulih. Wiku juga sempat menyebut bahwa semua orang memang dapat tertular corona lantaran virus ini tidak mengenal jabatan maupun status sosial.

"Intinya, semua orang bisa tertular COVID karena virus ini tidak mengenal jabatan, status sosial, dan jenis kelamin," tutur Wiku dilansir detikcom pada Sabtu (23/1). "Mari kita jaga semangat gotong royong menjalankan protokol kesehatan 3M. Jaga kesehatan untuk semua masyarakat."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts