Jadikan Aktivitas Menyenangkan, Ini 7 Trik Jitu Agar Anak Mau Gosok Gigi
pexels.com/Ketut Subiyanto
SerbaSerbi

Anak cenderung menyukai makanan manis yang mana hal ini bisa mengancam kesehatan giginya. Namun sayangnya, bukan hal yang mudah untuk mengajaknya agar mau menggosok gigi.

WowKeren - Menyikat gigi dua kali sehari penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi pada anak. Aktivitas ini membantu menghilangkan bakteri dan plak penyebab gigi berlubang yang sangat rentan dialami oleh anak-anak.

Hal ini disebabkan karena kebiasaan anak yang pada umumnya mengonsumsi makanan yang manis-manis seperti cokelat dan permen. Jika tidak dibarengi dengan aktivitas menyikat gigi yang rutin maka bisa mengganggu pertumbuhan gigi anak.

Namun sayangnya, bukan hal yang mudah untuk mengajak anak agar mau menggosok giginya dua kali sehari. Ini adalah hal yang wajar, mengingat si kecil belum mengerti pentingnya menggosok gigi untuk kesehatan gigi dan mulutnya. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum trik jitu merayu anak agar mau menyikat gigi.

(wk/zodi)

1. Beri Penjelasan Ringan Pentingnya Gosok Gigi


Beri Penjelasan Ringan Pentingnya Gosok Gigi
pexels.com/Kamaji Ogino

Seperti disebutkan sebelumnya, karena si kecil belum sepenuhnya paham maka tugas orang tua lah untuk memberitahukan pentingnya menyikat gigi bagi kesehatan mulutnya. Anda bisa mencontohkan hal-hal yang terjadi jika malas menggosok gigi.

Tentu saja, penjelasan yang diberikan jangan terlalu berat namun gunakan bahasa yang ringan. Misalkan mengenai manfaat sikat gigi adalah untuk menghilangkan kotoran dan sisa makanan sehingga dapat mencegah terjadinya gigi berlubang.

2. Biarkan Anak Memilih Sikat Gigi Kesukaannya


Biarkan Anak Memilih Sikat Gigi Kesukaannya
pexels.com/Karolina Grabowska

Setelah anak paham pentingnya menggosok gigi dua kali sehari, beri dia kebebasan untuk memilih sendiri sikat giginya. Ajak dia ke supermarket dan biarkan ia menemukan sikat gigi dengan karakter kesukaannya. Pastikan sikat gigi yang dipilihnya terbuat dari bahan aman.

Jika memungkinkan, biarkan juga si kecil memilih pasta giginya sendiri. Berbeda dari orang dewasa, pasta gigi anak biasanya tersedia dalam berbagai pilihan rasa termasuk buah-buahan yang disukai anak. Ada baiknya memilih pasta gigi dengan kandungan yang aman jika tertelan.

3. Beri Contoh Cara Menyikat Gigi yang Benar


Beri Contoh Cara Menyikat Gigi yang Benar
pexels.com/Polina Zimmerman

Karena anak belum memiliki gambaran bagaimana membersihkan giginya, Anda perlu mencontohkan bagaimana menyikat gigi yang baik dan benar. Sikat seluruh permukaan gigi bagian depan dan lakukan dalam gerakan menyapu ke atas dan ke bawah.

Untuk gigi bagian belakang kanan dan kiri, lakukan dengan gerakan berputar. Jangan lupa untuk membersihkan pula permukaan gigi bagian dalam. Lakukan cara ini di depan cermin agar si kecil lebih mudah mengingatnya.

4. Lakukan Bersama-sama


Lakukan Bersama-sama
pexels.com/Ketut Subiyanto

Agar lebih efektif, tak ada salahnya Anda melakukannya bersama si kecil. Terkadang anak akan terdorong melakukan sesuatu jika ada teman atau orang lain yang melakukan hal serupa.

Setiap selesai sarapan pagi ajaklah anak menggosok gigi di depan cermin wastafel. Lakukan hal yang sama saat malam hari sebelum si kecil tidur. Hal ini akan membuatnya segar dan bebas bau mulut.

5. Memutar Musik Favoritnya


Memutar Musik Favoritnya
pexels.com/Spencer Selover

Memutar musik favorit saat melakukan aktivitas menggosok gigi bersama si kecil bisa meningkatkan semangatnya. Akan lebih baik jika Anda bisa menjadikan gerakan menggosok gigi seirama dengan lagu yang didengarkan.

Pada umumnya menggosok gigi dilakukan selama dua menit. Selain memutar musik, Anda juga bisa memutar narasi atau dongeng tentang kuman yang menyerang mulut saat tidur untuk membuatnya semakin bersemangat menggosok gigi.

6. Adakan Kompetisi Berhadiah


Adakan Kompetisi Berhadiah
pexels.com/Kim Stiver

Jika perlu, ajak anggota keluarga yang lain untuk ikut bergabung dalam aktivitas ini. Semakin banyak yang bergabung maka akan semakin meriah sehingga bisa membuat si kecil merasa lebih bersemangat. Lakukan kompetisi kecil-kecilan dengan reward khusus.

Misalnya dengan menentukan siapa yang paling tepat menyikat gigi. Kompetisi juga bisa Anda lakukan dengan menandai kalender dengan stiker kesayangan si kecil. Jika si kecil bisa rutin menggosok giginya selama waktu tertentu, berikan hadiah untuk meningkatkan motivasinya.

7. Bawa Mainan Kesukaan Anak


Bawa Mainan Kesukaan Anak
pexels.com/cottonbro

Tak hanya memutar lagu, mainan favorit anak juga bisa membuatnya lebih bersemangat menggosok gigi. Dengan membawa mainan kesukaannya anak akan merasa jika menggosok gigi adalah aktivitas yang menyenangkan baginya. Dengan membawa robot atau boneka kesukaannya, anak akan merasa seolah-olah mainan tersebut ikut menemaninya.

Itulah tadi cara-cara jitu agar anak mau menggosok gigi dengan rajin. Menanamkan kebiasaan baik pada si kecil ada kalanya memerlukan proses sehingga Anda juga harus bersabar, ya. Yang jelas, menghadapi si kecil sebaiknya tidak disertai paksaan karena akan membuatnya semakin enggan menuruti Anda.

Menjaga kesehatan gigi anak perlu dilakukan sedari kecil. Untuk tips-tipsnya, bisa Anda simak pada artikel ini. Anda juga bisa membaca hal-hal yang perlu dihindari untuk mencegah karies gigi pada si kecil di artikel ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait