Viral Tiup Lilin dan Suap-Suapan di Acara PDIP Bali, Gubernur Hingga Satgas COVID-19 Buka Suara
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Gubernur I Wayan Koster yang juga Ketua DPD PDIP Bali mengklarifikasi soal video viral acara partainya yang turut melibatkan sesi suap-suapan tumpeng dan tiup lilin.

WowKeren - PDIP Bali tengah menjadi sorotan usai sebuah video yang merekam keberlangsungan sebuah acara menjadi viral. Sebab dalam video itu terlihat DPD PDIP Bali serempak meniup lilin dan suap-suapan tumpeng dengan memakai sendok yang sama di tengah pandemi COVID-19.

Kondisi ini sontak menuai kecaman karena dikhawatirkan bakal memicu klaster baru COVID-19 di Indonesia. Ketua DPD PDIP Bali, I Wayan Koster yang juga gubernur provinsi tersebut akhirnya angkat bicara.

"Karena kecepatan, satu sendok dipakai 2 orang," ujar Koster, Senin (25/1). "Setelah itu yang lain, 9 orang, pakai sendok berbeda."

"Acara dilaksanakan di aula kantor DPD PDI Perjuangan dengan jumlah peserta sekitar 25 orang, menjaga jarak, memakai masker, dan telah mengikuti rapid test antigen dengan hasil negatif," imbuh Koster, dilansir dari Detik News. "Hanya pada saat tiup lilin saja masker dibuka, sebelum dan sesudahnya masker tetap dipakai."


Tak hanya Koster, Satuan Penanganan COVID-19 juga ikut mengomentari soal video viral tersebut. Kendati tak memberi kritikan tajam, Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito hanya kembali menekankan agar semua orang sebijak mungkin meminimalisir penularan virus Corona.

"Di masa pandemi, siapa pun orangnya harus bisa bijak semaksimal mungkin untuk meminimalisir peluang penularannya," tegas Wiku, Senin (25/1). Ia pun meminta agar semua pihak bisa saling menjadi contoh pelaksanaan disiplin protokol kesehatan, apalagi jika merupakan tokoh masyarakat.

"Terkhusus tokoh masyarakat dimohon untuk memberikan contoh yang baik bagi masyarakat," imbuh Wiku. "Salah satunya ialah disiplin mematuhi protokol kesehatan."

Sebagai informasi, video viral itu berasal dari acara yang digelar pada Sabtu (23/1) di aula Kantor DPD PDIP Bali di Kota Denpasar. Acara itu rupanya digelar dalam rangka HUT Partai sekaligus ulangtahun Ketua Umum PDIP Megawati Soerkarnoputri.

Dalam video tersebut tampak belasan orang berdiri di panggung tanpa memakai masker. Tumpeng pun terlihat disiapkan di atas meja, yang kemudian makin membuat geger karena ada sesi suap-suapan.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts