Pelantikan Komjen Listyo Sigit Sebagai Kapolri Dijadwalkan 27 Januari
Nasional
Calon Kapolri Baru

Sebelumnya, DPR RI telah mengesahkan persetujuan untuk menjadikan Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri dalam rapat paripurna pada Kamis (21/1) pekan lalu.

WowKeren - DPR RI telah mengesahkan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri anyar pengganti Jenderal Idham Azis. Diketahui, Idham akan segera pensiun pada Februari 2021 mendatang.

Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, Listyo akan dilantik menjadi Kapolri pada Rabu (27/1) pekan ini. Listyo pun akan menjadi Jenderal Bintang 4 dengan pelantikan tersebut. "Informasi terakhir begitu (27 Januari 2021)," tutur Argo dilansir Kumparan pada Senin (25/1).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan bahwa jadwal pelantikan Kapolri ini sepenuhnya tergantung oleh Presiden Joko Widodo. Namun demikian, Mahfud memastikan bahwa pelantikan Kapolri akan dilakukan sebelum 1 Februari 2021. "Itu sepenuhnya tergantung yang dijadwalkan oleh Presiden, sebelum tanggal 1 Februari 2021," jelas Mahfud dilansir detikcom.

Pihak Kesetjenan DPR RI sebelumnya telah menyatakan bahwa pelantikan Listyo akan dilakukan sebelum masa jabatan Idham sebagai Kapolri berakhir. Dengan demikian, pelantikan Listyo ditargetkan sebelum 30 Januari 2021.


"Jadi SK dan surat persetujuan sudah disampaikan," ungkap Sekjen DPR Indra Iskandar pada Jumat (22/1) pekan lalu. "Dan pasti pelantikannya akan dilakukan sebelum tanggal 30 (Januari) sesuai dengan batas pensiun Kapolri."

Sebelumnya, DPR RI telah mengesahkan persetujuan untuk menjadikan Listyo sebagai Kapolri dalam rapat paripurna pada Kamis (21/1) pekan lalu. Sebelum pengambilan keputusan, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni memberikan laporan mengenai hasil uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang dijalani Listyo pada Rabu (20/1).

Menurut Sahroni, Komisi III secara mufakat menyepakati Listyo sebagai Kapolri. Usai seluruh anggota memberikan jawaban setuju, Ketua DPR RI Puan Maharani pun mengetok palu persetujuan.

Sebagai informasi, PresidenJoko Widodo memilih Komjen Listyo sebagai calon tunggal Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. Menurut Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Jokowi memiliki kriteria khusus dalam menentukan nama calon Kapolri. Listyo disebut Moeldoko telah memenuhi seluruh kriteria tersebut.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts