Kang Seung Yoon Dan Song Mino WINNER Resmi Terdaftar Dalam Asosiasi Hak Cipta Musik Korea
Musik

Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA) mengumumkan penulis lagu yang telah dipromosikan menjadi anggota penuh tahun ini. Salah satunya adalah 2 member WINNER yakni Kang Seung Yoon dan Mino.

WowKeren - Selain berbakat dalam menyanyi dan menari, para anggota WINNER (II) juga diketahui telah merilis banyak lagu. Tak hanya untuk grupnya sendiri, mereka juga tak jarang menulis lagu untuk penyanyi lain, tak heran jika kemampuannya diakui oleh asosiasi hak cipta musik Korea.

Pada hari ini, Rabu (27/1), Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA) mengumumkan penulis lagu yang telah dipromosikan menjadi anggota penuh tahun ini. Salah satunya adalah 2 member WINNER yakni Kang Seung Yoon dan Song Min Ho (Mino).

KOMCA adalah kumpulan hak cipta nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan budaya musik di Korea melalui perlindungan hak kekayaan intelektual pemegang hak cipta sambil memastikan kemudahan penggunaan bagi pendengar. Didirikan pada tahun 1964, organisasi ini memiliki basis data karya berhak cipta dan pemegang kekayaan intelektualnya.

Setiap pemegang hak cipta dapat bergabung dengan KOMCA sebagai "anggota junior", tetapi dewan direksi hanya memilih 25 anggota junior setiap tahun untuk dipromosikan ke status "anggota resmi". Ada 22 anggota dipilih dari kategori mainstream, sedangkan tiga sisanya dipilih dari kategori non-mainstream.


Persyaratan untuk promosi ke status anggota penuh termasuk mempertahankan keanggotaan KOMCA junior selama tiga tahun atau lebih, menerima sejumlah royalti dari properti berhak cipta mereka setiap tahun, dan juga dipilih oleh dewan direksi. Menjadi anggota penuh KOMCA memberi artis hak untuk memberikan suara pada rapat umum organisasi.

Anggota yang dipromosikan menjadi anggota penuh pada tahun 2021 antara lai Kang Seung Yoon dan Song Mino WINNER. Selain itu ada pula Sunwoo JungA, Changmo, Loco, Roy Kim, Maktub, dan lainnya dipromosikan menjadi anggota penuh KOMCA.

Tahun lalu, artis yang menjadi anggota penuh KOMCA termasuk RM (Rap Monster) dan J-Hope BTS (Bangtan Boys) Paul Kim, Jay Park, Giriboy, dan banyak lagi. Tahun depan diharap ada 25 musisi lagi yang akan diangkat menjadi anggota tetap dari KOMCA.

Di sisi lain, YG Entertainment baru saja mengkonfirmasi bahwa Seung Yoon akan segera merilis full album solo pertamanya. Lebih lanjut album tersebut dijadwalkan untuk rilis pada bulan Maret. Agensi menyebut bahwa Seung Yoo telah selesai merekam semua lagu dan kini fokus pada MV.

“Kang Seung Yoon akan merilis album lengkap solo pertamanya pada bulan Maret. Saat ini, dia telah selesai merekam semua lagu di album dan sedang mempersiapkan untuk merekam video musik untuk lagu utamanya bulan depan," ungkap agensi.

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts