Perhatian! Ini 7 Kesalahan Menata Kamar yang Bikin Tidur Kurang Nyenyak
Instagram/Jean van der Meulen
SerbaSerbi

Setelah bekerja seharian kamu perlu beristirahat untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran. Sayangnya, penataan kamar yang kurang tepat bisa jadi akan mempengaruhinya.

WowKeren - Kamar tidur adalah destinasi "idaman" sehari-hari jika kita sudah lelah bekerja dari pagi hingga malam. Dengan berakhirnya aktivitas yang membuat kita memeras tenaga dan otak, kamar tidur selalu menjadi tujuan yang didambakan.

Di kamar tidur, kamu bisa mengistirahatkan tubuh dan pikiran setelah membuatnya bekerja keras seharian. Sudah menjadi rahasia umum jika tidur memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, selain untuk menyegarkannya kembali tentunya. Tidur yang nyenyak bisa membuatmu bangun lebih bersemangat di hari esok.

Namun sayangnya, ada kalanya kita tidak bisa mendapatkan tidur yang nyenyak. Bisa jadi, salah satu faktor penyebabnya adalah penataan ruang tidur yang tidak sesuai. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum kesalahan-kesalahan yang perlu dihindari saat menata tempat tidur.

(wk/zodi)

1. Tidak Memasang Dekorasi Apapun


Tidak Memasang Dekorasi Apapun
pexels.com/Taryn Elliott

Kesalahan pertama yang mungkin menjadi penyebab selama ini kamu tidak bisa tidur nyenyak adalah tidak adanya dekorasi di dalam kamar. Kondisi kamar yang polos tentu akan memberi kesan yang membosankan, bukan? Bisa jadi inilah pemicu rasa tidak nyamanmu.

Meskipun kamarmu relatif kecil, usahakan kamu memberinya hiasan sederhana agar bisa membuatnya lebih "hidup". Dekorasi tidak perlu berlebihan, kamu bisa memasang wallpaper favorit atau meletakkan rak minimalis pada dinding di bawah jam.

2. Memilih Tempat Tidur Terlalu Besar


Memilih Tempat Tidur Terlalu Besar
pexels.com/Dmitry Zvolskiy

Semakin lebar tempat tidur memang akan membuatmu lebih leluasa bergerak sehingga jauh dari kesan sempit. Namun kamu juga harus memperhatikan ukuran kamarmu. Jangan hanya karena kamu ingin tidur di tempat yang luas kamu lupa menyelaraskannya dengan ukuran kamar.

Pemilihan kasur yang terlalu besar yang tidak dibarengi dengan ukuran kamar yang luas justru akan memberikan kesan sumpek pada kamarmu. Oleh sebab itu sebelum membeli kasur, pahami dulu ukuran kamarmu.

3. Lampu Terlalu Terang


Lampu Terlalu Terang
pexels.com/Vecislavas Popa

Pencahayaan yang terlalu terang di malam hari akan membuat matamu tersiksa. Padahal setelah matamu bekerja di depan laptop seharian ia perlu beristirahat untuk bisa bekerja kembali esok harinya. Kamu harus membantunya dengan cara meredupkan lampu kamarmu saat tidur.

Ada banyak jenis lampu tidur yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Pilih yang mampu memberikan pencahayaan lembut sehingga menghasilkan kesan yang hangat agar kamu bisa tidur pulas. Tak ada salahnya kamu memiliki 2 macam lampu, satu untuk tidur dan satu lagi untuk menunjang aktivitas lain di sore atau malam hari.

4. Terlalu Banyak Barang di Kamar


Terlalu Banyak Barang di Kamar
pexels.com/cottonbro

Selain kamar tidur yang terlalu besar, terlalu banyak barang di kamar juga bisa memberikan kesan sempit pada kamarmu. Apalagi jika kamarmu adalah kamar minimalis dengan luas yang sangat terbatas.

Peletakan barang-barang yang terlalu banyak hingga tidak menyisakan ruang bisa membuatmu tidak nyaman. Namun jika kamu sudah telanjur membeli barang-barang tersebut sebaiknya tata dengan rapi dengan membelikannya storage khusus. Sehingga kamarmu jauh dari kesan kotor dan berantakan.

5. Barang Elektronik di Sana-Sini


Barang Elektronik di Sana-Sini
pixabay.com

Bisa jadi, faktor yang membuatmu kesulitan untuk mengistirahatkan pikiran adalah karena terlalu banyaknya barang elektronik di kamar. Barang elektronik seperti ponsel, komputer, dan televisi memancarkan cahaya yang bisa membuatmu sulit tidur.

Selain itu, lebih baik kamu tidak meletakkan komputer atau laptop di tempat tidur. Sebab bisa jadi keberadaan barang ini justru akan membuatmu terus kepikiran dengan pekerjaan yang belum selesai. Dan sudah barang tentu hal ini akan membuat tidurmu kurang nyenyak.

6. Penataan Perabot yang Tidak Selaras


Penataan Perabot yang Tidak Selaras
pexels.com/Roberto Nickson

Coba perhatikan kembali apakah barang-barang di kamarmu selama ini sudah tertata dengan baik dan benar? Bisa jadi kesan sumpek dan berantakan disebabkan karena kesalahan menata perabot. Untuk perabot yang berukuran besar sebaiknya letakkan di bagian sudut kamar.

Meletakkan lemari, kasur, dan meja belajar di pojok ruangan bisa memberikan ruang tambahan di bagian tengah sehingga kamar terlihat lebih luas. Penting juga untuk memperhatikan agar kamu tidak menutupi lubang cahaya atau jendela dengan perabot yang besar.

7. Warna Cat Dinding Kamar Tidak Tepat


Warna Cat Dinding Kamar Tidak Tepat
pexels.com/Rene Asmussen

Selain dekorasi, kamu juga perlu memperhatikan pemilihan warna cat dinding. Masing-masing warna diyakini bisa memberikan kesan yang berbeda pada alam bawah sadar manusia. Hindari memilih warna yang membosankan seperti warna putih. Pilih warna pink atau biru pastel yang lembut untuk membuatmu lebih bersemangat tanpa membuatnya terkesan mencolok atau berlebihan.

Setelah menyimak poin-poin di atas, periksa kembali kamar tidurmu apakah kamu melakukan salah satu kesalahan seperti yang disebutkan. Jika iya, maka segera perbaiki untuk mendapatkan penataan kamar yang lebih baik guna mendapatkan tidur yang berkualitas.

Kamu bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mendapatkan tidur yang berkualitas. Selain itu, untuk memastikan tidurmu juga sehat, kamu perlu mencuci seprai dengan teratur. Di artikel ini kamu bisa menyimak pentingnya mengganti seprai secara rutin.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait