Menkes Targetkan Vaksinasi Seluruh Penduduk RI Pada Akhir April
Nasional

Menkes Budi Gunadi Sadikin menargetkan jika vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) akan rampung pada akhir Februari mendatang. Kemudian menyusul sektor pelayanan publik dan masyarakat umum.

WowKeren - Pemerintah telah menjalankan program vaksinasi COVID-19 mulai Januari 2021. Rencananya, pada akhir Februari mendatang vaksinasi untuk kelompok pertama seperti tenaga kesehatan (nakes) telah rampung.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pun mengatakan jika vaksinasi nakes selesai, maka kelompok berikutnya adalah masyarakat yang bekerja untuk layanan publik termasuk TNI dan Polri bakal mulai disuntik vaksin corona.

"Sesudah nakes 1,5 juta pada akhir Februari, kita akan masuk ke tenaga layanan publik termasuk TNI dan Polri masuk di kategori ini," ujar Budi dalam webinar bertajuk 'Vaksin COVID-19 untuk Indonesia Bangkit', Sabtu (30/1). "Jadi diharapkan mulai awal Maret kita sudah bisa melakukan suntikan untuk layanan publik."

Budi menjelaskan, vaksinasi bagi mereka yang bekerja di sektor pelayanan publik bakal berlangsung selama beberapa bulan. Sebab, mereka tersebar di seluruh Indonesia.


Kemudian, setelah vaksinasi bagi pekerja di sektor layanan publik selesai, barulah masyarakat umum bakal divaksin. "Satu bulan atau satu setengah bulan setelah (vaksinasi) pelayanan publik dimulai, diharapkan di akhir April kita bisa membuka terhadap seluruh penduduk Indonesia untuk dilakukan vaksinasi. Karena itu tadi kita dikejar secepat-cepatnya menyuntik sebanyak-banyaknya vaksin ke seluruh Indonesia," katanya.

Budi menekankan vaksinasi harus dikejar cepat implementasinya karena beberapa faktor. Saslah satunya, belum diketahui berapa kekebalan vaksin corona bertahan.

"Kenapa perlu cepat? Karena sampai sekarang kita belum tahu vaksin ini kekebalannya berapa lama bertahan," jelasnya. "Karena memang belum ada yang selesai secara lengkap uji klinis tahap ketiganya. Baik itu Pfizer, Astrazeneca, itu semua belum selesai 100 persen uji klinis tahap tiganya."

Sementara itu, Presiden Joko Widodo telah menyebutkan bahwa vaksinasi untuk masyarakat umum bisa dilakukan pada pertengahan Februari. Hal ini disampaikan Jokowi usai disuntik vaksin kedua kalinya. "Masyarakat saya kira di Februari pertengahan sudah masuk ke sana," tutur Jokowi, Rabu (27/1).

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru