Jeff Bezos Bakal Undurkan Diri Dari Kursi CEO Amazon
Reuters/Katherine Taylor
Dunia

Transisi ini dinilai sebagai guncangan paling radikal di Amazon dalam hampir 30 tahun. Di bawah Bezos, Amazon berevolusi dari penjual buku online pemula menjadi salah satu pasar Internet paling populer di dunia.

WowKeren - Pendiri Amazon, Jeff Bezos, akan mengundurkan diri dari kursi CEO perusahaan e-commerce raksasa tersebut. Setelah Bezos mundur, kursi CEO akan diisi oleh Kepala Divisi Komputasi Awan Amazon, Andy Jassy.

"Latar belakang Jassy dalam mengarahkan Amazon Web Services (AWS) menunjukkan betapa pentingnya layanan tersebut terhadap strategi bisnis Amazon," terang Kepala Bagian Transformasi di Mindshare Worldwide Tom Johnson, dilansir Reuters, Rabu (3/2). "Menarik untuk melihat bagaimana hal itu mempengaruhi strategi mereka dan menyeimbangkan prioritas itu dengan bisnis iklan yang berkembang dan raksasa perdagangan."

Sementara itu, Bezos akan menduduki kursi eksekutif Amazon. "Jika Anda melakukannya dengan benar, beberapa tahun setelah penemuan yang mengejutkan, hal baru menjadi normal. Orang-orang menguap (melihatnya). Menguap adalah pujian terbesar yang dapat diterima oleh seorang penemu," ujar Bezos dalam keterangannya dilansir The Washington Post, Selasa (2/2).


Transisi ini dinilai sebagai guncangan paling radikal di jajaran perusahaan Amazon dalam hampir 30 tahun. Di bawah Bezos, Amazon berevolusi dari penjual buku online pemula menjadi salah satu pasar Internet paling populer di dunia.

Bezos yang baru saja memasuki usia 57 tahun menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Ia mulai melakukan transisi kepada Jassy musim panas lalu, saat perusahaan mengumumkan CEO bagian konsumen Amazon, Jeff Wilke, akan segera pensiun.

Bagi Tom Alberg, seorang kapitalis ventura dan direktur lama Amazon yang mengundurkan diri dari dewan dua tahun lalu, Jassy adalah pilihan yang jelas untuk menjadi penerus Bezos. "Andy sudah menjalani seluruh hidupnya dalam budaya itu, dan budaya itu begitu kuat," ungkap Alberg.

Jassy sebelumnya bergabung dengan Amazon pada 1997 setelah lulus dari Harvard Business School. Pada awal tahun 2000-an, Jassy mendampingi Bezos sebagai asisten teknisnya dan membantu meluncurkan Amazon Web Services (AWS). Layanan tersebut meningkatkan industri perangkat lunak dengan kemampuannya untuk menyewa ruang dan pemrograman perangkat lunak bagi pelanggan untuk menjalankan operasi teknis mereka di berbagai server Amazon.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru