Berlaku Mulai 5 Februari, Segini Tarif Coba Tes COVID-19 Pakai GeNose di Stasiun
ugm.ac.id
Nasional

Mulai Jumat (5/2) besok, Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat dan Stasiun Tugu Yogyakarta akan melayani pemeriksaan COVID-19 dengan memakai GeNose. Segini besaran tarifnya.

WowKeren - Pemerintah serius menggunakan alat tes COVID-19 berbasis embusan napas, GeNose, untuk skrining kondisi kesehatan seseorang. Bahkan dalam surat edaran Kementerian Perhubungan, GeNose secara tersirat "berkedudukan setara" dengan rapid test antigen hingga tes swab PCR.

GeNose sendiri siap dipakai secara luas mulai Jumat (5/2) mendatang. VP Public Relations Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengungkap, pada tahap awal, layanan pemeriksaan GeNose akan tersedia di Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat dan Stasiun Tugu Yogyakarta.

Namun tidak gratis, pemeriksaan penumpang dengan GeNose ini tetap dikenakan tarif yang tentu saja sangat terjangkau. "Tarif yang dikenakan pada saat uji coba atau pre-launching ini adalah Rp20 ribu," terang Joni, Rabu (3/2).

Tarif ini tentu saja jauh lebih murah dibandingkan dengan rapid test antigen di stasiun yang kini dibanderol harga Rp105 ribu. Namun Joni memastikan pemeriksaan dengan GeNose ini tak serta-merta "menyingkirkan" rapid test antigen dari stasiun.


Malah GeNose ini merupakan alternatif pemeriksaan COVID-19 yang disediakan KAI untuk para penumpang. "Layanan rapid test antigen di stasiun masih akan tetap ada. Saat ini tersedia di 46 stasiun di Pulau Jawa dan Sumatera," tutur Joni, dikutip dari Kompas.

Joni pun berharap, keberadaan tes GeNose di stasiun ini dapat semakin memperkuat deteksi dini penularan wabah virus Corona. "Sehingga lebih mempercepat pencegahan penularan COVID-19 dan menjadikan moda transportasi kereta api yang makin nyaman, aman, dan sehat," pungkas Joni.

GeNose merupakan alat skrining COVID-19 yang dikembangkan Universitas Gadjah Mada berbasis embusan napas penggunanya. GeNose dilengkapi dengan sistem penginderaan berupa larik sensor gas dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dapat membedakan pola senyawa yang dideteksi.

Berdasarkan SE Kemenhub, alat ini merupakan syarat kesehatan bagi individu yang melakukan perjalanan dengan moda transportasi kereta api. Namun seperti syarat lain yakni rapid test antigen dan tes swab PCR, pemeriksaan dengan GeNose tak diwajibkan bagi penumpang di bawah usia 12 tahun.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait