Lee Soo Man Pendiri SM Nyatakan Bahwa K-Pop Harus Targetkan Pasar Tiongkok Agar Tumbuh Lebih Besar
Musik

Lee Soo Man baru-baru ini tampil di program humaniora dan seni liberal tvN 'Monthly Connect' yang ditayangkan pada 1 Februari lalu dan menyatakan visinya untuk K-pop di masa depan.

WowKeren - Pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man menyatakan, "K-pop akan mengalami kebangkitan kedua di Tiongkok. Ini adalah era ketika kami harus pergi ke Tiongkok untuk memproduksi dan membuat konten yang dapat menjadi nomor 1 di dunia dengan individu-individu berbakat di sana."

Lee Soo Man baru-baru ini tampil di program humaniora dan seni liberal tvN "Monthly Connect" yang ditayangkan pada 1 Februari lalu dan menyatakan, "Saya bermimpi bahwa Korea akan menjadi negara yang menjadi negara penghasil konten terkemuka di dunia, memimpin budaya dunia."

Produser Lee Soo Man menekankan bahwa Tiongkok perlu mencabut larangan budaya Korea dengan menyatakan, "Tiongkok harus membuka pintu mereka untuk Korea sekali lagi. Semua produser Korea berbakat, termasuk JY Park JYP Entertainment dan Bang Si Hyuk dari Big Hit Entertainment, harus memasuki pasar Tiongkok untuk menciptakan Hollywood di Asia."

Produser Lee Soo Man juga meramalkan bahwa K-pop akan menjadi andalan industri inti masa depan. "Artificial intelligence (AI), bio, dan nanotech membuka era baru sebagai industri utama di masa depan. Saya ingin menghadirkan arah baru K-pop melalui 'Culture Technology'."


Lee Soo Man

Source: Allkpop

Dia juga berbagi bahwa dia terkejut ketika dia ditawari menjadi produser Capitol Music Group, yang mencakup artis-artis terkenal dunia seperti The Beatles, Katy Perry, dan Taylor Swift. Dia menyatakan, "Saya merasa status K-pop telah meningkat karena telah berkolaborasi dengan perusahaan global seperti CAA dan Marvel, agensi terbesar di AS, dan menerima permintaan untuk kolaborasi."

Dia menambahkan, "Saya pikir kunci pertumbuhan K-pop di panggung global adalah harus membangun sistem untuk melanjutkan industri. Langkah pertama adalah mengekspor, membuat, dan mengekspor musik berkualitas tinggi, dan yang kedua adalah usaha patungan untuk menemukan dan melatih artis dari luar negeri untuk debut sebagai satu tim dengan artis Korea. Langkah ketiga adalah lokalisasi, membentuk sekelompok anggota kebangsaan lokal."

Namun, netizen Korea memiliki pendapat berbeda. "Apakah dia lupa apa yang terjadi sebelumnya?" komentar netizen. "Jadi kurasa JYP menargetkan lokalisasi di Jepang sementara SM menargetkan Tiongkok," kata netizen lainnya. "Dia masih ingin bekerja dengan trainee Tiongkok setelah semua itu terjadi?" ujar netizen. "Wow, dia harus fokus mengurus artis di agensinya dulu," imbuh yang lain.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait