Menkes Sebut Tiongkok-India Contoh Sukses Kendalikan Corona  Bagi Indonesia
Reuters
Nasional

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi menilai Indonesia harus mencontoh Tiongkok dan India yang dinilai sukses dalam mengendalikan pandemi virus corona. Ini buktinya.

WowKeren - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin angkat berbicara mengenai tingginya kasus virus corona di Indonesia. Diketahui grafik penyebaran COVID-19 di Tanah Air memang terus meningkat tajam sejak kasus pertama masuk ke Indonesia pada Maret 2020 silam.

Menurut Budi, Indonesia kini harus mempelajari langkah penanganan pandemi virus corona yang dilakukan di negara-negara Asia. Hal ini juga merupakan imbauan dari Presiden Joko Widodo saat menggelar pertemuan dengan lima gubernur.

Budi menyebut negara di Asia yang bisa dicontoh dalam mengendalikan laju penyebaran virus corona adalah Tiongkok dan India. Ia menilai kedua negara itu sukses mengendalikan pandemi setelah sempat mencatat lonjakan kasus virus corona seperti di Indonesia.

"Saya kebetulan diminta mendampingi beliau (Jokowi), dan melihat bagaimana kita bertukar pengalaman,” ujar Budi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/2). “Melihat bagaimana Tiongkok bisa mengatasi pandemi ini, India bisa mengatasi pandemi.”

Sebagai informasi, Indonesia saat ini menjadi negara dengan kasus aktif COVID-19 tertinggi di Asia. Situasi ini tentunya sangat mengkhawatirkan karena menunjukkan kondisi yang begitu darurat.


Sebelumnya kasus aktif tertinggi di Asia dipegang oleh India. Negara dengan populasi 1,3 miliar orang itu akhirnya berhasil menurunkan kasus harian dan kasus aktif (orang yang masih positif corona).

Situasi serupa juga terjadi di Tiongkok tempat kasus virus corona pertama muncul. Tiongkok dinilai berhasil mengendalikan penyebaran COVID-19 setelah bergerak cepat menerapkan lockdown. Kini, Tiongkok hanya mencatat kasus aktif sebesar 1.411 orang.

Budi lantas menjelaskan rencana pihaknya untuk menurunkan kasus virus corona dilakukan dengan skala terkecil. Nantinya, pengawasan skala RT dan RW akan menjadi fokus pemerintah demi menekan kasus virus corona yang sekarang telah menjadi beban besar bagi tenaga kesehatan.

”Tindakan-tindakan, langkah-langkah, program-program yang sifatnya mikro di level terkecil,” jelas Budi. “Di komunitas terkecil, di lingkungan keluarga, di lingkungan warga, dan tetangga-tetangganya adalah inisiatif penanganan pandemi yang sangat baik dan sangat tepat. Langkah itu bisa menyeimbangkan antara perbaikan sektor kesehatan dengan mengurangi laju kecepatan penularan.”

”Dan juga menjaga bagaimana masyarakat masih bisa hidupnya berjalan normal,” sambungnya. “Kesimpulan kami, satu cara untuk mengatasi pandemi ini adalah dengan mengurangi laju penularan agar kita bisa mempersiapkan dengan lebih baik sarana kesehatan yang ada, agar seluruh RS kita juga tidak terlalu terbebani, dan juga kita bisa menyiapkan diri dengan program vaksinasi.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru