GeNose Resmi Digunakan, 6 Penumpang KAI Terindikasi Corona di Yogyakarta
Kemenristek/Brin AP
Nasional

Ratusan calon penumpang KAI telah menjajal GeNose sebagai tes COVID-19 untuk syarat perjalanan jarak jauh hari ini. Dilaporkan 6 penumpang terindikasi virus corona di Yogyakarta.

WowKeren - PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah resmi membuka layanan tes virus corona dengan menggunakan GeNose mulai hari ini, Jumat (5/2). GeNose sebagai syarat perjalanan jarak jauh ini begitu diminati oleh penumpang karena harganya yang jauh lebih terjangkau dari tes swab PCR ataupun rapid test antigen.

PT KAI Daop 6 melaporkan sudah ada ratusan penumpang yang menggunakan GeNose di Stasiun Tugu Yogyakarta hari ini. GeNose juga dilaporkan sudah mulai dipakai di stasiun Yogyakarta pada tanggal 3-4 Februari kemarin. Namun, periode tersebut masuk dalam tahap uji coba.

”Untuk ujicoba tanggal 3 (Februari) ada 167 (calon penumpang),” kata Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto saat ditemui di Stasiun Tugu, Yogyakarta pada Jumat (5/2). “Tanggal 4 kemarin ada 263 dan hari ini, sampai jam 11 sudah ada 255 yang melakukan pemeriksaan dengan GeNose.”

Dari ratusan penumpang yang menjajal GeNose, Supriyanto membeberkan ada 3 calon penumpang yang terindikasi COVID-19 saat uji coba. Kemudian khusus hari ini, ada tambahan 3 calon penumpang yang terindikasi virus corona dengan menggunakan GeNose sehingga total ada 6 orang.


Calon penumpang yang terindikasi virus corona tidak diizinkan naik kereta dan diminta untuk isolasi mandiri di rumah. Pihak KAI juga akan langsung mengembalikan uang tiket yang sudah dibeli hingga 100 persen.

”Dari laporan yang masuk kemarin (Kamis 4/2/2021) ada 3 (calon penumpang) dan hari ini ada 3, jadi total ada 6,” beber Supriyanto. “Nah, selanjutnya mereka tidak boleh naik kereta dan tiket dikembalikan 100 persen. Mereka juga diarahkan untuk pulang.”

Sebelumnya, PT KAI Daop 6 mulai menggunakan GeNose C-19 sebagai salah satu alternatif pemeriksaan kesehatan yang menjadi syarat perjalanan penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Tugu Yogyakarta. KAI Daop 6 juga tetap menyediakan rapid test antigen kepada calon penumpang.

”GeNose secara resmi mulai digunakan tanggal 5 (Februari),” kata Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto saat ditemui di Stasiun Tugu Yogyakarta, Kemantren Gedongtengen, Kota Yogyakarta pada Kamis (4/2). “Sementara ini baru Stasiun Tugu Yogyakarta dan Stasiun Pasar Senen.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru