Jangan Kaget! JK Ramal RI Tembus 2 Juta Kasus Corona April 2021
Nasional

Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memberikan prediksi jika Indonesia akan mencatat 2 juta kasus virus corona pada April 2021. Ini penyebab lonjakan kasus secara signifikan.

WowKeren - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla berbicara mengenai situasi pandemi virus corona di Tanah Air. Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini memprediksi Indonesia akan mencatat 2 juta kasus COVID-19 pada April 2021.

Prediksi ini tidak diungkapkan JK secara sembarangan. Ia memperkirakan angka tersebut lantaran melihat kasus virus corona pada Februari ini sudah menyentuh 1,2 juta kasus.

”Kalau ini berjalan terus seperti ini tanpa upaya keras,” kata JK dalam acara Program Plasma BUMN untuk Indonesia yang digelar secara daring, Senin (8/2). “Termasuk vaksinasi yang sangat penting maka pada akhir April angka positif menjadi dua juta.”

Tak hanya itu, tingkat penularan COVID-19 yang tinggi di Indonesia juga menjadi penyebab kasus positif bisa menembus 2 juta orang pada April. Saat ini, setiap hari terdapat penambahan 12 hingga 14 ribu kasus COVID-19.

Berdasarkan perhitungan itu, JK mengatakan hanya butuh waktu tiga bulan saja bagi Indonesia untuk mencatat 2 juta kasus pertama. Padahal, sebelumnya butuh waktu kurang lebih 10 bulan sampai akhirnya Indonesia mencatat 1 juta kasus COVID-19.


”Minggu-Senin itu rendah karena jarang orang pergi untuk swab pada hari Minggu, jadi Seninnya hasilnya kurang, tapi begitu Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, itu bisa mencapai 14 ribu lagi,” jelas JK. “10 bulan dibutuhkan untuk satu juta pertama tapi cukup tiga bulan untuk penularan dua juta pertama.”

JK lantas menyoroti rendahnya pemeriksaan tes COVID-19 seperti swab test. Sebagai contoh, pada Senin biasanya data penularan virus corona yang disampaikan cukup rendah bukan karena masyarakat yang terpapar sedikit.

Sebaliknya, rendahnya kasus virus corona di hari Senin disebabkan karena masyarakat tidak banyak yang melakukan tes COVID-19 saat akhir pekan. Fenomena ini berdampak pada angka kenaikan yang terjadi pada hari Selasa dan seterusnya.

Akibatnya, ledakan pasien virus corona akan membuat rumah sakit semakin kewalahan. Situasi ini dinilai begitu berbahaya begitu Indonesia mencapai 2 juga kasus virus corona pada April mendatang.

”Maka rumah sakit akan sangat kelebihan (pasien) dan itu akan tercapai akhir April kalau kondisinya tetap jalan terus,” papar JK. “Artinya rata-rata 12 ribu sehari maka akhir April akan dua juta.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait