Ingin Bebas COVID-19? IDI Sarankan Rajin Olahraga, Tak Sampai 30 Menit Sehari!
Health

Selain menerapkan 3M, IDI juga menyarankan rajin olahraga untuk meminimalisir potensi infeksi virus Corona dan ternyata durasinya pun tak perlu terlalu lama. Ini penjelasan lengkapnya.

WowKeren - Wabah COVID-19 masih menjadi krisis kesehatan yang wajib diselesaikan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Meski pada Senin (8/2) hari ini sejatinya jumlah kasus positif yang dikonfirmasi mengalami penurunan cukup tajam, bahkan yang terendah sejak awal Januari 2021.

Indonesia sendiri mengupayakan berbagai cara untuk mengendalikan wabah. Namun tentu menjadi tugas setiap orang untuk bisa melindungi diri dari infeksi virus Corona, termasuk dengan meningkatkan imunitas alias kekebalan tubuh.

Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban dalam sebuah webinar. Pada kesempatan itu, Zubairi menegaskan bahwa ada banyak cara untuk meningkatkan imun, salah satunya dengan olahraga yang bahkan tidak perlu sampai 30 menit dalam sehari.

"Olahraga minimal 120 menit per minggu," ujar Zubairi dalam Webinar Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Senin (8/2). "Olahraga apapun, lari boleh, push up boleh. Lihat YouTube untuk senam monggo, sepeda statis, dan treadmill."


Yang terpenting, tegas Zubairi, jangan sampai tidak olahraga sama sekali dalam sepekan. Meski bukan berarti olahraga bisa benar-benar melindungi dari paparan virus Corona, setidaknya gejala klinis yang timbul dari infeksinya nanti tidak menjadi serius atau berat.

Tak hanya itu, konsumsi bahan pangan sampai gaya hidup juga harus diperhatikan demi melindungi diri dari paparan virus SARS-CoV-2. "Sayur buah masing-masing harus 2-3 kali sehari. Setop rokok, setop alkohol," ujar Zubairi, dikutip dari Kumparan.

Zubairi juga menegaskan, di tengah pandemi COVID-19, menghindari kerumunan adalah salah satu upaya perlindungan diri. Meski Zubairi tak menampik berkumpul atau silaturahmi adalah metode antistres, akan jauh lebih baik jika dihindari. Jika hendak berkumpul, sebaiknya dalam jumlah orang yang terbatas serta harus dipastikan ada ventilasi udara yang baik.

Di sisi lain, pemerintah juga mengupayakan berbagai cara untuk menekan laju penularan virus Corona di Tanah Air. Seperti dengan melaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro mulai Selasa (9/2) besok serta vaksinasi yang kini juga diperkenankan untuk masyarakat lanjut usia.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru