Jangan Sampai Kotor, Ini 7 Tips Merawat Layar Smartphone Agar Tetap Kinclong Seperti Baru
Tekno

Layar adalah bagian ponsel yang paling banyak disentuh sehingga mudah kotor dan terlihat kusam. Oleh sebab itu, perlu membersihkan bagian ini secara rutin.

WowKeren - Siapa sih yang tak mau ponsel kesayangannya selalu terlihat baru? Bukan hal yang sulit kok untuk membuat ponselmu tetap kinclong seperti kamu baru saja membelinya. Kuncinya adalah, kamu harus rajin merawatnya, terutama bagian layar.

Layar smartphone yang notabene adalah layar sentuh, sangat rentan mengalami kotor. Bagaimana tidak, permukaan layar ini hampir setiap saat berkontak dengan jarimu, bukan? Jika kamu perhatikan, terutama ketika layar dalam kondisi mati, maka kamu akan melihat banyak sidik jari yang menempel di sana.

Belum lagi ditambah kondisi jika tanganmu tidak selalu dalam keadaan bersih saat menyentuh smartphone. Hal-hal semacam inilah yang bisa membuat permukaan layar smartphone menjadi kusam. Tak perlu khawatir, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya tetap jernih seperti sedia kala. Yuk, simak tips berikut.

(wk/zodi)

1. Jangan Terlalu Sering Membersihkan Pakai Cairan


Jangan Terlalu Sering Membersihkan Pakai Cairan
YouTube/4smartsTV

Di tengah wabah corona seperti sekarang ini, alkohol diyakini bisa membunuh kuman dan bakteri ataupun virus yang menempel di permukaan layar smartphone. Namun rupanya, cairan alkohol tidak disarankan untuk membersihkan layar ponsel.

Semakin sering layar terpapar cairan ini maka akan bisa menggerus lapisan oleophobic ponsel. Lapisan ini berguna untuk melindungi layar ponsel dari minyak. Tak hanya alkohol, hal ini juga berlaku untuk cairan lain yang banyak digunakan seperti minyak kayu putih.

2. Bersihkan Pakai Kain Lembut


Bersihkan Pakai Kain Lembut
/Andrea Warnecke

Alih-alih menggunakan cairan yang bisa mengikis lapisan oleophobic, sebaiknya kamu menggunakan kain kering untuk membersihkan layar smartphone dari bekas sidik jari ataupun kotoran. Namun ingat, jangan gunakan sembarang kain tetapi pilih yang sangat halus.

Sebab permukaan kain yang kasar justru dikhawatirkan bisa menggores layar ponselmu. Kamu bisa menggunakan kain berbahan microfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata. Jika tidak ada, gunakan tisu namun pastikan tisunya memiliki permukaan yang lembut.

3. Pakai Screen Protector


Pakai Screen Protector

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat layar ponselmu selalu terlihat seperti baru adalah dengan memasang pelindung layar. Ada beberapa jenis pelindung layar yang bisa kamu pilih sesuai dengan harganya. Memasang pelindung layar bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Tetapi pastikan kamu memasangnya dengan benar. Jangan sampai ada gelembung udara yang terjebak di antara layar dan lapisan pelindungnya karena hal ini justru akan mengurangi estetika layar. Bahkan gelembung ini bisa melebar sehingga akan membuat semakin banyak udara terjebak di sana dan membuatnya kotor.

4. Perhatikan Tempat Penyimpanan Smartphone


Perhatikan Tempat Penyimpanan Smartphone

Sebaiknya kamu perhatikan di mana kamu akan meletakkan ponselmu. Hindari menyimpan smartphone bersama benda-benda lain yang berpotensi menggores layarnya. Saat memasukkannya ke dalam tas, perhatikan juga apakah ada benda lain yang mungkin bisa menindih layarnya.

Akan lebih baik jika di dalam tasmu terdapat saku kecil khusus untuk menempatkan ponsel. Begitu pula saat kamu memasukkannya ka dalam saku. Pastikan tidak ada koin atau kunci motor di sana yang bisa menggores baik layar maupun permukaan smartphone.

5. Jika Perlu Pakai Casing


Jika Perlu Pakai Casing

Cara yang lebih praktis untuk mengamankan ponselmu adalah dengan memberinya casing pelindung. Usai memasang pelindung layar, pasang juga casing tambahan untuk mengamankan seluruh permukaan ponsel. Casing juga ada bermacam jenisnya.

Casing ini tak hanya akan melindungi ponsel dari debu namun juga goresan akibat terkena benda berpermukaan tajam atau lancip. Ada banyak casing menarik di luar sana dengan berbagai motif yang beragam sehingga kamu bisa memilihnya sesuka hati.

6. Jangan Memakai Kuku


 Jangan Memakai Kuku
Shutterstock

Layar ponsel dirancang sedemikian rupa untuk bisa responsif terhadap sentuhan kulit, dalam hal ini permukaan jari tangan. Oleh sebab itu, hanya sentuh ponsel menggunakan ujung jari. Hindari menekan ponsel dengan kuku.

Namun bagi mereka yang memiliki kuku panjang, akan cukup sulit untuk menyentuh layar tanpa kuku menempel. Jika kukumu panjang dan runcing bukan tidak mungkin akan menimbulkan goresan pada layar ponsel. Ini bisa menjadi salah satu alasan penting mengapa kamu harus rajin memotong kuku. Yuk, intip juga manfaat kesehatan dari memiliki kuku pendek di artikel ini.

7. Jangan Menekan Layar Terlalu Keras


Jangan Menekan Layar Terlalu Keras
Getty Images/Maskot

Hindari menekan layar ponselmu terlalu keras karena bisa mempengaruhi daya tahan layar smartphone kamu. Menekan layar terlalu keras biasanya terjadi tanpa disengaja, saat kamu terlalu seru memainkan game di ponsel. Selain mengurangi daya tahan smartphone, menekan layar terlalu keras juga bisa merusak komponen yang ada di dalamnya.

Tidak sulit bukan untuk membersihkan layar ponselmu? Selain membuatnya kotor, ponsel yang jarang dibersihkan bahkan bisa menjadi sarang kuman, lho. Bahkan beberapa di antaranya ada yang bersifat membahayakan. Untuk informasi lebih lengkap, simak di artikel ini, ya.

Sementara itu jika kamu memiliki ponsel bekas di rumah jangan buru-buru menjualnya. Kamu masih bisa kok memanfaatkannya untuk beberapa hal, seperti yang bisa kamu baca pada artikel berikut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru