Barry Likumahuwa Rilis Lagu Baru 'Nona Manis', Terinspirasi dari Sang Istri
Instagram/barrylikumahuwa
Musik

Barry Likumahuwa kembali mengeluarkan single terbaru yang berjudul 'Nona Manis'. Barry Likumahuwa pun berbagi cerita mengenai proses terciptanya lagu tersebut.

WowKeren - Musisi jazz, Barry Likumahuwa baru saja merilis single baru berjudul "Nona Manis". Barry pun menggaet produser hip hop Prof. D, duo rapper RASCALS dan Matthew Sayerz untuk menggarap lagu tersebut.

"Nona Manis" sendiri merupakan lagu yang ditulis Barry Likumahuwa karena terinspirasi dari sang istri yang juga berprofesi sebagai penyanyi, Adinda Shalahita. Nona Manis ternyata merupakan panggilan sayang Barry pada sang istri.

"Lagu ini terinspirasi dari Adinda Shalahita, istri dari Barry Likumahuwa yang biasa Barry panggil "Nona Manis" sejak awal mereka Bersama. "Nona Manis" yang berarti gadis cantik dalam bahasa Maluku," bunyi dari keterangan pers, dilansir dari Detik.com pada Rabu (10/2).


Pendekatan berbeda dilakukan oleh Barry Likumahuwa dalam lagu "Nona Manis". Bila biasanya keponakan Utha Likumahuwa itu membuat beat sendiri, kali ini dia menggandeng Prof D dan mempercayakan pembuatan beat pada kolaboratornya itu.

Oleh karena itu, "Nona Manis" terasa kental dengan nuansa hip hop era 1990-an. Barry Likumahuwa pun mengaku bahwa lagu tersebut banyak terpengaruh oleh musisi dari era itu, sebut saja Skee Lo, Dr. Dre, 2Pac dan lain-lain. Selain itu, Nona Manis juga menandai reuni Barry Likumahuwa dengan Matthew Sayerz setelah satu dekade keduanya tidak berkolaborasi.

Unsur Maluku dalam lagu itu rupanya tidak hanya hadir melalui judul. Pada Nona Manis, terdapat bahasa sehari-hari khas Ambon dan bebunyian Tifa sebagai alat musik tradisional Maluku. Untuk menambahkan bebunyian Tifa, Barry Likumahuwa menggandeng perkusionis Georgie Tanasale.

Berry rupanya memang berniat untuk lebih menggali akar kebudayaan Maluku dakam musiknya. Upaya itu Barry Likumahuwa lakukan untuk mengenang sang ayah, mendiang Benny Likumahuwa yang meninggal dunia pada Juni 2020 lalu.

Dirinya merasa sang ayah lah yang telah banyak menularkan dan memberikan pemahaman mengenai kebudayaan Maluku padanya. Hal itu membuat Barry Likumahuwa merasa perlu meneruskan 'warisan' dan kecintaan sang ayah terhadap budaya Indonesia Timur.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel