Ditolak Warga, Pemkot Surabaya Akhirnya Beri Syarat Wajib Agar RS Darurat Siloam Cito Beroperasi
Twitter/BanggaSurabaya
Nasional

Pemkot Surabaya memberikan syarat wajib agar rumah sakit darurat khusus COVID-19 di Mal City Of Tomorrow alias Cito bisa beroperasi di tengah penolakan warga sekitarnya. Apa?

WowKeren - Pembagunan rumah sakit darurat khusus virus corona (COVID-19) di area Mal City Of Tomorrow alias Cito hingga saat ini masih menjadi polemik. Pasalnya, mulai pedagang toko di dalam mal hingga warga sekitar pun ramai-ramai menolak gagasan Pemkot Surabaya tersebut.

Oleh karena itu, Pemkot Surabaya pun punya syarat wajib supaya rumah sakit itu bisa segera beroperasi. Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menyebutkan jika syarat wajib itu adalah mendapat persetujuan tenant mall dan penghuni apartemen, dan menjamin mereka merasa aman dengan keberadaan RS itu.

“Keamanan dan keselamatan warga Surabaya adalah hukum tertinggi. Kalau soal persyaratan teknis biar tim teknis yang menyelesaikan,” kata Whisnu usai sidak di RS Cito Surabaya, Rabu (10/2). Kalau memang beroperasi, dia juga minta ada pembatas dinding yang jelas antara RS dan mall maupun apartemen di kawasan itu untuk menjamin keamanan warga di sekitar rumah sakit.


Whisnu pun meminta pihak Siloam lebih intensif melakukan sosialisasi kepada warga sekitar, warga pemukiman, penghuni apartemen sampai pemilik tenant di mal Cito Surabaya. Pihak Pemkot Surabaya mengaku memang sempat meminta RS di kompleks Cito itu beroperasi, karena kasus COVID-19 di Surabaya saat itu sangat tinggi sementara tempat tidur RS penuh.

Sebelumnya diketahui, warga di Kelurahan Dukuh Menanggal, Surabaya, terus menyerukan penolakannya terhadap RS Darurat di Mal Cito. Alasannya, warga tidak ingin mengambil resiko tertular atas operasional rs darurat tersebut. Pasalnya, limbah medis dari rs tersebut ada kemungkinan akan mencemari lingkungan warga sekitar.

Penolakan warga diwujudkan dengan spanduk yang dibentangkan di tembok Cito Mall. Jika operasional RS Darurat COVID-19 itu terus dilakukan, warga mengancam akan menggeruduk RS Siloam dengan turun aksi membawa massa jumlah besar.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru