Rolex Sampai Louis Vuitton, Ini Deretan Barang Mewah yang Diduga Dibeli Edhy Prabowo Pakai Uang Suap
Nasional

Dalam pembacaan dakwaan atas penyuap Edhy Prabowo, Suharjito, terungkaplah peruntukan uang suap tersebut. Yakni untuk membeli beragam barang mewah seperti Bottega Veneta dan Hermes.

WowKeren - Kasus suap izin ekspor benih lobster yang menjerat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo terus bergulir. Bahkan yang terbaru, jaksa sudah membacakan dakwaan atas Direktur PT Dua Putra Perkasa Pratama (PT DPPP) Suharjito sebagai salah satu penyuap Edhy.

Dalam surat dakwaan tersebut pun terungkap sejumlah harta benda yang diduga dibelanjakan atas uang hasil penyuapan. Salah satunya adalah jam tangan merek Rolex dengan harga Rp700 juta.

"Pada tanggal 28 Oktober 2020, Edhy Prabowo meminta Amiril Mukminin membelikan satu buah jam tangan merek Rolex Yacht Master II Yellow Gold," ujar jaksa di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (11/2). Amiril yang merupakan sekretaris pribadi Edhy pun lantas menghubungi orang lain di Dubai untuk membelikan jam tangan tersebut.

Arloji mewah itu terbeli dengan bujet Rp740 juta, ditambah dengan Rp175 juta untuk membayar pajak di Bea Cukai. "Selanjutnya Amiril Mukminin menyerahkan uang kepada Dwi Kusuma Wijaya sejumlah USD10 ribu dan Rp71 juta untuk membayar pajak dan mengambil jam tangan tersebut di Kantor Bea Cukai," tutur jaksa, dikutip dari Kompas.


Selain itu, hasil suap dari Suharjito juga dipakai Edhy selama berdinas di Hawaii, Amerika Serikat, sampai senilai Rp753.655.366. Namun uang yang dihabiskan Edhy selama di AS ini juga didapat dari perusahaan eksportir benih lobster lain.

Uang tersebut dikirim oleh Amiril ke rekening atas nama Ainul Faqih yang merupakan staf pribadi istri Edhy. "Kemudian Ainul Faqih menggunakan uang tersebut sesuai dengan arahan dari Amiril Mukminin untuk kepentingan Edhy Prabowo dan Iis Rosita Dewi (istri Edhy)," papar jaksa.

Uang ratusan juta ini pun dimanfaatkan untuk membeli deretan barang mewah lain. Mulai dari arloji mewah Rolex, kemudian dompet, tas, dan koper merek Tumi, serta bolpen merek Montblanc dan isi ulangnya.

Uang itu juga dibelanjakan untuk tas koper merek Louis Vuitton, tas merek Bottega Veneta, dan tas merek Hermes. Kemudian uang juga dibelanjakan untuk membeli sejumlah besar pakaian dan jas hujan merek Old Navy serta baju dan celana Brooks Brothers.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel