Pasca Corona, Bill Gates Ramal Bioterorisme Bakal Picu Krisis Besar Umat Manusia
Getty Images
Dunia

Pendiri Microsoft Bill Gates lagi-lagi ‘meramalkan’ hal seputar pandemi virus corona. Pasca COVID-19, ia menyebut ancaman terbesar bagi kehidupan manusia adalah bioterorisme.

WowKeren - Selain terkenal sebagai pendiri Microsoft, Bill Gates juga selalu aktif dalam membantu masalah kemanusiaan di dunia. Salah satu orang terkaya di dunia ini selalu vokal menyampaikan pandangannya, khususnya terkait pandemi virus corona yang tengah memicu krisis kemanusiaan.

Setelah meramal akan ada banyak pandemi setelah COVID-19, ia kini mengungkap dua ancaman terbesar yang akan memicu krisis besar umat manusia. Menurutnya, perubahan iklim dan ancaman virus berupa bioterorisme (senjata biologis) bisa memicu krisis terbesar umat manusia setelah pandemi virus corona berakhir.

Dilansir dari CNBC, Bill Gates menjelaskan mengenai hal ini dalam wawancara bertajuk “The Veritasium” di akun YouTube Derek Muller. Ia memperingatkan jumlah korban jiwa yang meninggal akibat perubahan iklim bisa jauh lebih tinggi dari pandemi COVID-19.

”Setiap tahun (perubahan iklim) akan menjadi ancaman,” kata Gates yang dikutip dari wawancara tersebut, Sabtu (13/2). “Korban meninggal yang lebih besar dari yang kita alami dalam pandemi (corona) ini.”


Selain perubahan iklim, Gates menyebut ancaman terbesar lainnya adalah bioterorisme yang disebabkan oleh sifat manusia. Ia menjelaskan bioterorisme bisa jadi berbentuk virus atau penyakit mematikan yang dibuat manusia dan ancamannya lebih buruk dari virus yang disebabkan oleh alam.

”Terkait pandemi adalah sesuatu yang tidak banyak orang suka membicarakannya, yakni bioterorisme,” jelas Gates. “Bioterorisme merupakan seseorang yang ingin menyebabkan kerusakan dapat merekayasa virus. Jadi itu berarti peluang untuk menyebabkan kerusakan jauh lebih besar dari epidemi yang disebabkan secara alami seperti saat ini.”

Peringatan Bill Gates sendiri selalu menjadi perhatian luas dunia karena seperti ramalan. Terlebih, ia sempat memperingatkan ancaman pandemi besar yang akan merenggut nyawa banyak orang lima tahun lalu. Setelah virus corona merebak dan menjadi pandemi, peringatan Gates di masa lalu itu langsung menjadi viral.

“Dunia secara keseluruhan tidak memiliki kesiapan untuk menghadapi epidemi,” katanya dalam wawancara tahun 2014 silam. “Dan kami memiliki beberapa ketakutan jika flu yang hanya memberikan efek samping kecil, tetapi tidak cukup.”

”Jika benda ini dua kali lebih menular, kami akan mendapat banyak masalah,” sambungnya. “Dan ada gen yang memiliki peluang nyata untuk datang dalam beberapa dekade mendatang, jauh lebih menular daripada ini. Apa yang menghentikan beberapa bentuk SARS muncul?”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait