COVID-19 Jakarta Hanya Bertambah 373 Kasus Hari Ini, Dinkes Bongkar Fakta di Baliknya
Unsplash/Mufid Majnun
Nasional

Biasanya DKI Jakarta mencatat ribuan kasus COVID-19 harian, tak jarang menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan provinsi lain. Pada Rabu (17/2) kemarin misalnya, DKI Jakarta mencatatkan 1.445 kasus positif COVID-19 baru.

WowKeren - Angka kasus positif virus corona (COVID-19) harian DKI Jakarta menurun drastis pada Kamis (18/2) hari ini. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan yang diunggah oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), DKI hanya mencatat 373 kasus positif baru pada hari ini.

Padahal biasanya DKI Jakarta mencatat ribuan kasus COVID-19 harian, tak jarang menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan provinsi lain. Pada Rabu (17/2) kemarin misalnya, DKI Jakarta mencatatkan 1.445 kasus positif COVID-19 baru.

Update Corona

Twitter/@BNPB_Indonesia

Rendahnya angka kasus COVID-19 harian pada hari ini lantas ditanggapi oleh Dinas Kesehatan DKI. Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI, Dwi Oktavia, hal ini terjadi lantaran ada data yang tertunda.


"Perlu disampaikan bahwa data kasus positif hari ini bukan merupakan data secara keseluruhan lantaran laboratorium kesulitan menginput data pemeriksaan spesimen," terang Oktavia pada hari ini. "Kesulitan penginputan data ini akibat sedang dilakukannya perbaikan koneksi untuk mempercepat sistem penginputan dari Kementerian Kesehatan RI."

Menurut Oktavia, data yang tertunda ini akan diakumulasikan pada laporan COVID-19 berikutnya. "Untuk all records akan masuk datanya besok (Jumat)," jelas Oktavia.

Oleh sebab itu, Oktavia mengimbau supaya warga tak berasumsi pandemi corona di Ibu Kota sudah terkendali dengan menurunnya kasus positif harian ini. "Mohon tidak diasumsikan bahwa data yang sedikit ini karena wabah sudah benar-benar terkendali karena besok kemungkinan akan ada akumulasi data dari yang sebelumnya tidak bisa dilakukan penarikan melalui sistem," pungkas Oktavia.

Di sisi lain, secara nasional Indonesia melaporkan 9.039 kasus positif COVID-19 baru pada hari ini. Dengan demikian, total kasus COVID-19 di Tanah Air telah mencapai 1.252.685 kasus.

Pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh pada hari ini juga bertambah sebanyak 10.546 orang. Sedangkan kasus kematian akibat COVID-19 pada hari ini bertambah sebanyak 181 kasus.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait