Birthday Spotlight: Happy J-Hope Day
WowKeren
Selebriti

WowKeren turut merayakan ulang tahun J-Hope BTS pada 18 Februari dengan mengulas tuntas karier idol sekaligus rapper kelahiran 1994 tersebut melalui rubrik Birthday Spotlight.

WowKeren - J-Hope berulang tahun pada 18 Februari dan dirayakan oleh penggemar serta member-member BTS (Bangtan Boys) yang lain. WowKeren turut merayakan dengan mengulas tuntas karier idol sekaligus rapper kelahiran 1994 tersebut melalui rubrik Birthday Spotlight.

J-Hope dikenal sebagai rapper, penulis lagu, penari dan produser musik yang berbakat. Ia memiliki cukup banyak kredit di lagu-lagu BTS bersama Suga dan RM (Rap Monster).


Penggemar BTS mengenal J-Hope sebagai "sinar matahari" grup yang selalu membawa kepositifan. Ia memiliki imej selalu positif dan ceria kapan dan di mana pun. Tak heran jika ARMY begitu mencintainya.

Tak perlu berlama-lama, yuk intip seperti apa perjalanan karier J-Hope BTS mulai pra debut hingga kini.

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

J-Hope lahir sebagai Jung Hoseok di Gwangju, Korea Selatan. Ia tinggal bersama orangtua dan kakak perempuannya, yang kini menjadi influencer dan pemilik rumah mode online, MEJIWOO.

Sebelum memulai debutnya dengan BTS, J-Hope adalah bagian dari tim koreografi underground Neuron dan mengambil kelas tari di Akademi Musik Gwangju selama enam tahun, dari kelas 4 hingga kelas 1 SMA. Ia kemudian menandatangani kontraknya dengan Big Hit Entertainment.

J-Hope telah dikenal karena kemampuannya dalam menari sebelum debut. Ia memenangkan berbagai penghargaan lokal untuk tari, termasuk menjadi juara pertama dalam kompetisi tari nasional pada 2008. Keahliannya dalam menari akhirnya membuatnya tertarik untuk bernyanyi, membantunya mengikuti audisi sebagai trainee idol.

Sebagai trainee, J-Hope tampil sebagai rapper dalam lagu "Animal" milik Jo Kwon, yang dirilis pada 2012. Kemudian pada 2013, ia debut bersama BTS.

2. Debut


Debut

J-Hope debut bersama BTS pada 13 Juni 2013 di "M! Countdown" Mnet dengan lagu "No More Dream" dari album single debut mereka "2 Cool 4 Skool". Saat itu ia tampil sangat memakai topeng yang menutupi setengah wajahnya.

J-Hope adalah member ketiga yang bergabung dengan grup sebagai trainee setelah RM dan Suga. J-Hope sejak itu terlibat dalam proses pembuatan setiap album dalam diskografi BTS.

Nama panggungnya, "J-Hope (제이홉)", berasal dari keinginannya untuk mewakili harapan bagi para penggemar, serta menjadi "harapan BTS." Ini juga mengacu pada mitos kotak Pandora, karena setelah kotak itu dibuka dan semua kejahatan di dalamnya dilepaskan ke dunia, satu-satunya yang tersisa adalah harapan.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

J-Hope mencapai puncak kariernya bersama BTS dua tahun setelah debut mereka. Saat itu grup yang dipimpin RM tersebut memecahkan rentetan kemenangan EXO dengan meraih kemenangan pertama untuk "I NEED U" dari mini album "The Most Beautiful Moment in Life, Part 1" di "The Show" SBS tepatnya pada 5 Mei 2015.

BTS mengekspresikan rasa terima kasih mereka dengan memposting foto mereka dan piala kemenangan pertama mereka di Twitter. "Terima kasih! Karena kami terlalu gugup, kami tidak tahu harus berkata apa. Terima kasih banyak, ARMY (fandom BTS) untuk kemenangan pertama kami. Semua orang bekerja keras. Kami akan benar-benar menjadi keren. Aku mencintai kalian," tulis BTS.

Pada 2017, BTS mulai dikenal dunia dengan tur konser "The Wings Tour" mereka. BTS menghadiri Billboard Music Awards ke-24 pada Mei dan memenangkan Top Social Artist, menjadi grup Korea pertama yang dianugerahi Billboard Music Award.

BTS semakin mendapat pengakuan dari dunia selama 2018 setelah merilis seri album "Love Yourself" diikuti tur dunia dengan tajuk yang sama. Tur konser "Love Yourself" berakhir pada Oktober 2019 dengan pencapaian luar biasa.

BTS bisa dibilang terus menduduki puncak kariernya hingga sekarang dengan segudang prestasi membanggakan di Korea dan dunia. Pada 2020, lagu mereka "Dynamite" sukses memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

J-Hope merilis mixtape solo pertamanya "Hope World" pada 1 Maret 2018. Album ini mendapat sambutan positif. Debutnya di nomor 63 (dan puncak berikutnya di nomor 38) membuatnya menjadi artis Korea solo dengan charting tertinggi di Billboard 200 pada saat mixtape dirilis.

J-Hope adalah artis Korea kelima, dan solois Korea kedua setelah PSY, yang masuk dalam Artist 100. Mixtape ini masuk tangga lagu di sepuluh negara di seluruh dunia, dengan "Daydream" di tiga negara. Itu menduduki peringkat di nomor 5 di Chart Album Dunia akhir tahun majalah Billboard.

J-Hope merilis single "Chicken Noodle Soup" secara gratis pada 27 September 2019, menampilkan penyanyi Amerika Becky G. Lagu tersebut debut di nomor 81 di Billboard Hot 100, menjadikan J-Hope sebagai member pertama BTS untuk memetakan di Hot 100 sebagai artis solo di luar grup, artis solo Korea ketiga yang mendapat peringkat di tangga lagu (setelah PSY dan CL), dan artis Korea keenam secara keseluruhan yang melakukannya.

5. Kontroversi


Kontroversi

J-Hope dikenal sebagai salah satu artis yang bersih dari skandal. Namun ada beberapa kontroversi di mana netizen mempermasalahkan penampilannya karena dianggap menyinggung budaya lain.

Selama promosi "Mic Drop", J-Hope mengusung gaya rambut kepang tertentu selama. Masalahnya adalah menggunakan kepang hanya untuk konsep hip hop. Saat itu penggemar berusaha menjangkau agensi, dan J-Hope tidak memiliki kepangan lagi.

Kontroversi terulang ketika J-Hope merilis "Chicken Noodle Soup". Netizen lagi-lagi mengkritik gaya rambutnya yang dibuat menyerupai gimbal, ciri khas tampilan hiphop kulit hitam. Namun masalah ini tidak begitu besar.

Terlepas dari kontroversi di atas, J-Hope dikenal sebagai sosok mulia yang rajin berdonasi. Seperti baru-baru ini, ia memberikan sumbangan 150 juta won (sekitar Rp1,9 miliar) kepada Child Fund Korea untuk mendukung anak-anak penyandang disabilitas dalam rangka perayaan ulang tahunnya.

J-Hope menjadi anggota ke-146 dari Green Noble Club. Sepanjang karirnya, ia telah memberikan banyak donasi, seperti 150 juta won untuk mendukung pengembangan bakat di tahun 2018, 100 juta won dalam bentuk beasiswa pada 2019, dan 100 juta won untuk mendukung keluarga yang berjuang selama gelombang awal Pandemi COVID-19 pada 2020.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

J-Hope bersama BTS akhir tahun lalu comeback dengan album spesial "BE". Mereka kembali merilis album versi "Essential Edition" pada 19 Februari.

BTS dijadwalkan tampil di Grammy Awards 2021 yang dijadwalkan pada Maret. Single hits mereka "Dynamite" dinominasikan untuk Best Pop Duo/Group Performance. Mereka juga akan tampil di MTV Unplugged membawakan lagu-lagu hits mereka.

Dalam siaran V Live baru-baru ini, J-Hope mengungkapkan bahwa ia sedang mempersiapkan mixtape baru. Penggemar tidak sabar menantikan mixtape keduanya setelah "Hope World".

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru