Segarkan Jiwa dan Pikiran, Ini 7 Alasan Kamu Harus Coba Adventure Travel
Unsplash/lucas Favre
Travel

Perjalanan petualangan dapat berupa mendaki pegunungan, bersepeda di sepanjang jalan setapak pedesaan, bersepeda gunung melewati jalanan terjal, hingga ekspedisi ke tempat baru.

WowKeren - Selalu ada cara untuk melepaskan diri dari rasa penat akibat seabrek masalah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan melakukan perjalanan petualangan atau adventure travel. Setiap orang berhak untuk mendapatkan petualangan dan bepergian adalah cara yang terbaik untuk mencapainya.

Tak seperti biasanya ketika kamu harus menghabiskan waktu berkutat dengan laptop kerja ataupun klien dengan segala permintaannya, dengan bepergian ke tempat baru akan memberimu kesenangan. Perjalanan petualangan dapat berupa mendaki pegunungan, bersepeda di sepanjang jalan setapak pedesaan, bersepeda gunung melewati jalanan terjal, hingga ekspedisi ke tempat baru.

Setiap perjalanan petualangan yang kamu pilih akan banyak mendatangkan manfaat untuk dirimu. Penasaran apa saja? Yuk, simak lebih lanjut di artikel ini.

(wk/zodi)

1. Mengurangi Stres


Mengurangi Stres
Unsplash/Jane Palash

Keuntungan pertama yang akan kamu dapatkan tentu saja akan mengurangi beban pikiran. Percaya atau tidak, berada di luar ruangan, apalagi di wilayah dengan pemandangan alami mampu memperbaiki suasana hatimu. Pemandangan menakjubkan akan mengurangi tekanan hidup yang kamu alami.

Oleh sebab itu jika selama ini kamu tinggal di kota dengan segala hiruk-pikuknya, mencoba pengalaman berada di alam bebas akan mengurangi rasa jenuh. Sebuah studi menunjukkan jika pengalaman alam, bahkan dalam durasi yang singkat, dapat menurunkan pola berpikir yang terkait dengan depresi.

2. Badan Lebih Sehat


Badan Lebih Sehat
Unsplash/Jakob Owens

Dengan berjalan-jalan di alam, tanpa kamu sadari kamu telah membuat tubuhmu bergerak lebih aktif. Misalnya saja mendaki, atau menempuh perjalanan berbatu di hutan untuk menikmati indahnya air terjun di tengah pepohonan rindang.

Tak menutup kemungkinan, rasa pegal yang kamu alami disebabkan karena otot yang kaku akibat terlalu lama duduk dalam posisi yang sama berjam-jam setiap hari. Berjalan-jalan sambil menikmati udara segar di pegunungan atau perbukitan hijau akan membuat otot tubuh rileks dan membuatnya lebih sehat.

3. Segarkan Tubuh dan Pikiran


Segarkan Tubuh dan Pikiran
Unsplash/Evan Krause

Tak hanya menyehatkan tubuhmu karena aktif bergerak, mengunjungi tempat baru akan membuat pikiranmu lebih terbuka. Sebuah penelitian menunjukkan jika melihat keindahan alam dapat menimbulkan perasaan kagum, yang dapat melepaskan endorfin dan memicu dorongan mental.

Seorang psikolog lingkungan di Seattle kepada Huffington Post menyatakan selain membantu menurunkan tingkat stres, menghabiskan lebih banyak waktu dengan alam menunjukkan pergeseran ke arah suasana hati yang lebih positif. Sebab secara teori, kita merespons hal-hal yang baik secara positif.

4. Ikut Bantu Perekonomian


Ikut Bantu Perekonomian
Unsplash/Micheile Henderson

Setiap perjalanan petualangan akan memberikanmu pengalaman yang berbeda-beda. Jika kamu pintar memilih destinasi yang tepat, bukan tidak mungkin kamu akan bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat di mana kamu berkunjung.

Sebab pada umumnya, orang-orang di sekitar lokasi wisata menggantungkan hidup mereka dari wisatawan yang datang berkunjung. Kamu bisa menyalurkan uang ke komunitas lokal dan membantu orang-orang di bagian terpencil dan miskin di dunia untuk menjadi makmur.

5. Bisa Bikin Pintar


Bisa Bikin Pintar
Unsplash/Katie Treadway

Tak hanya membuat tubuh dan pikiranmu segar, melakukan adventure travel rupanya juga bisa berkontribusi untuk meningkatkan kecerdasan otak. Studi menunjukkan jika mereka yang beraktivitas di luar ruangan memiliki lebih banyak aktivitas di korteks prefrontal otak dibanding sebelumnya.

Lebih jauh, petualangan telah terbukti meningkatkan aktivitas di hipokampus. Ini adalah bagian penting dari otak yang berperan dalam pembentukan, pengaturan, dan penyimpanan memori atau ingatan jangka panjang.

6. Kesempatan Membuka Pertemanan Baru


Kesempatan Membuka Pertemanan Baru
Unsplash/Alex Guillaume

Pergi ke tempat yang baru, artinya kamu juga akan bertemu dengan kelompok masyarakat yang selama ini belum pernah kamu temui. Ini adalah kesempatan untuk berkenalan dengan mereka dan lebih jauh mengenal budaya selain yang kamu ketahui selama ini.

Terdengar menarik, bukan? Setiap tempat memiliki budaya yang berbeda yang akan selalu menjadi hal baru menarik untuk kamu pelajari. Terlebih lagi, ada satu yang tak boleh ketinggalan, budaya kuliner. Hal-hal semacam inilah yang akan membuat ketagihan untuk melakukan perjalanan lagi di lain hari.

7. Meningkatkan Kewaspadaan Diri


Meningkatkan Kewaspadaan Diri
Unsplash/Thanh Tran

Perjalanan petualangan mampu membuatmu lebih dekat dengan jati diri. Adventure travel memberimu kesempatan untuk menantang diri sendiri dengan cara yang menurutmu bahkan mustahil dilakukan. Mencoba hal baru dan mengambil risiko menuntut perhatian tinggi sehingga dapat membawa pada kewaspadaan diri yang meningkat.

Memang tidak semua orang memiliki kesempatan yang luas untuk menjelajah dunia baru. Untuk itu ketika momen cuti datang maka manfaatkanlah hal ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas hidupmu dengan melakukan perjalanan.

Di era pandemi ini, banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum berangkat liburan, termasuk penentuan destinasi hingga penerapan prokes. Untuk tujuan wisata, kamu bisa mencoba terbang ke Nusa Tenggara Timur untuk menikmati destinasi eksotik berikut ini.

You can share this post!

Related Posts