Bukan Hanya Enak, 7 Tanaman Herbal Ini Punya Manfaat Tak Terduga untuk Kesehatan
Unsplash/Ratul Ghosh
Health

Bahan alami banyak dipilih untuk mengatasi gangguan kesehatan karena cara ini umumnya minim risiko atau efek samping, terutama tanaman herbal yang banyak dijumpai di sekitar kita.

WowKeren - Sudah bukan rahasia lagi jika tanaman herbal yang ada di sekitar kita banyak memberikan khasiat dalam bidang kesehatan. Di Indonesia sendiri, banyak tanaman obat yang banyak dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari.

Salah satunya kunyit. Kunyit banyak digunakan sebagai bumbu masakan untuk menghasilkan warna dan aroma yang khas. Namun di luar itu, tanaman berwarna oranye ini banyak menyimpan khasiat. Kabar baiknya, tak hanya kunyit saja tanaman herbal yang banyak mendatangkan manfaat.

Ada bawang hingga cabai, mungkin tanpa kita sadari tanaman herbal yang kita konsumsi sehari-hari bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tanaman herbal enak yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan.

(wk/zodi)

1. Kayu Manis untuk Mengontrol Gula Darah


Kayu Manis untuk Mengontrol Gula Darah
Unsplash/Mockup Graphics

Yang pertama adalah kayu manis. Kayu manis memiliki efek untuk menurunkan gula darah melalui beberapa mekanisme. Bumbu memasak populer yang satu ini mampu memperlambat pemecahan karbohidrat di saluran pencernaan dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan gula darah puasa sebesar 10-29 persen pada pasien diabetes, yang merupakan jumlah yang signifikan. Selain itu, kayu manis juga mengandung antioksidan kuat untuk mengurangi inflamasi.

2. Kunyit Kaya Antioksidan


Kunyit Kaya Antioksidan
Unsplash/Tamanna Rumee

Kunyit memang dipercaya banyak mendatangkan manfaat bagi manusia. Tak heran jika bumbu masak yang satu ini juga banyak digunakan sebagai bahan membuat jamu maupun produk kecantikan kulit. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang merupakan antioksidan kuat.

Senyawa ini mampu membantu melawan kerusakan oksidatif yang diyakini sebagai salah satu mekanisme kunci di balik penuaan dan banyak penyakit. Selain itu, kurkumin juga bersifat anti-inflamasi, yang mana sifat ini sama seperti efektivitas yang dimiliki oleh beberapa obat anti-inflamasi.

3. Klabet untuk Mengontrol Gula Darah


Klabet untuk Mengontrol Gula Darah
Shutterstock/Oliver Wilde

Klabet selain dimanfaatkan untuk meningkatkan libido dan maskulinitas, tampaknya juga memiliki khasiat untuk mengontrol gula darah. Hal ini berkat protein nabati 4-hydroxyisoleucine yang dikandungnya, yang dapat meningkatkan fungsi hormon insulin.

Banyak penelitian pada manusia menunjukkan jika mengonsumsi 1 gram ekstrak klabet per hari dapat menurunkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes. Selain itu, daun dan juga biji klabet juga disebut mampu mengatasi radang dan infeksi.

4. Jahe untuk Mengurangi Peradangan


Jahe untuk Mengurangi Peradangan
Unsplash/Lawrence Aritao

Wedang jahe sangat enak diminum saat musim dingin karena bisa membuat tubuh merasa lebih hangat. Tak ayal jika tanaman herbal yang satu ini sangat populer. Jahe dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, dan dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

Sebuah studi pada subjek yang berisiko terkena kanker usus besar menunjukkan jika 2 gram ekstrak jahe per hari mampu menurunkan tanda-tanda peradangan usus besar. Cara kerjanya mirip dengan aspirin. Selain itu, jahe juga ampuh mengurangi rasa mual.

5. Cabai dengan Bahan Aktif Antikanker


Cabai dengan Bahan Aktif Antikanker
Unsplash/Ryan Quintal

Makanan pedas sudah sangat akrab di lidah orang Indonesia. Bahkan ada sebagian orang yang menilai makan makanan tanpa cabai pedas bagai makan sayur tanpa garam. Siapa sangka bahan herbal yang bisa bikin berkeringat ini memiliki khasiat yang terduga untuk tubuh.

Beberapa studi mengungkap jika bahan aktif di dalam cabai Cayenne disebut capsaicin, yang telah terbukti mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak. Studi pada hewan menunjukkan jika capsaicin juga ampuh melawan beberapa bentuk kanker, termasuk kanker paru-paru, hati dan prostat.

6. Daun Sage Untuk Daya Ingat


Daun Sage Untuk Daya Ingat
Shutterstock

Nama sage diambil dari bahasa Latin Salvere yang artinya "menyelamatkan". Nama ini bukanlah tanpa alasan. Daun sage telah dipercaya sejak abad pertengahan, akan khasiatnya yang bersifat menyembuhkan. Daun sage bahkan digunakan untuk membantu mencegah wabah.

Studi terbaru menunjukkan peluang jika sage mungkin dapat meningkatkan fungsi otak dan daya ingat. Sage mampu menghambat pemecahan asetilkolin, yang mana penurunan asetilkolin kerap menyertai penyakit alzheimer. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa sage dapat meningkatkan fungsi memori pada orang sehat.

7. Bawang Putih untuk Jantung Sehat


Bawang Putih untuk Jantung Sehat
Unsplash/Anshu A

Bawang putih telah dikenal sejak zaman kuno memiliki khasiat yang ampuh. Hal ini berkat senyawa alisin yang juga memberikan aroma kuat pada tanaman herbal yang satu ini. Konsumsi bawang putih baik untuk jantung. Studi menunjukkan jika suplementasi bawang putih mampu menurunkan tekanan darah yang signifikan pada penderita hipertensi.

Bahan alami banyak dipilih untuk mengatasi gangguan kesehatan karena cara ini umumnya minim risiko atau efek samping. Bahan alami juga tak jarang digunakan untuk mempercantik kulit. Seperti bahan alami ini yang ampuh mengatasi kulit wajah kering.

Meskipun demikian, penggunaan bahan alami juga perlu diperhatikan. Ada bahan alami yang justru berbahaya untuk kulit wajah, terutama jika dipakai secara berlebihan. Untuk lebih jelasnya, bisa kamu baca pada artikel ini, ya.

You can share this post!

Related Posts