Jadi Walkot Solo Terpilih, Gibran Bakal Dilantik Secara Virtual 26 Februari Mendatang
Instagram/gibran_rakabuming
Nasional

Wali Kota Solo terpilih Gibran Rakabuming Raka rencananya akan dilantik bersama wakilnya Teguh Prakosa pada 26 Februari 2021, pukul 08.00 WIB di gedung DPRD Solo Kecamatan Laweyan, Solo.

WowKeren - Wali Kota Solo terpilih sekaligus putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka rencananya akan dilantik bersama wakilnya Teguh Prakosa pada 26 Februari mendatang pukul 08.00 WIB di gedung DPRD Solo Kecamatan Laweyan, Solo. Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Pemerintah Kota Solo, Wahyu Kristina mengatakan, perubahan tempat tersebut sesuai dengan arahan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Ina, ada empat agenda terkait pelantikan Gibran-Teguh sebagai kepala daerah. "Sesuai rencana dari provinsi, untuk efektivitas acara maka itu semua diselenggarakan dalam satu rangkaian di Gedung DPRD," kata Ina ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (23/2).

Empat agenda tersebut yaitu pelantikan wali kota dan wakil wali kota baru yang dilaksanakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan dan rapat paripurna DPRD untuk menyaksikan pidato perdana Gibran sebagai wali kota.

Semula, Gibran dan Teguh akan dilantik secara secara virtual di Balai Tawangarum, Kompleks Balaikota Solo, Jumat (26/2). Sementara tiga agenda lainnya dijadwalkan di Gedung DPRD pada 1 Maret mendatang. Namun rencana itu urung dilakukan.


"Dulu kan rencananya seperti itu," terangnya. "Tapi dari pada harus dua kali kegiatan, maka provinsi membuat surat untuk efektivitas pelaksanaan ya dirangkai jadi satu."

Nantinya, acara pelantikan hanya menghadirkan 25 tamu undangan termasuk pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih bersama istri masing-masing.

Sebelumnya, Gibran batal dilantik pada Rabu (17/2) lalu lantaran DPRD Solo belum menerima surat pelantikan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). "Betul (Kemendagri belum mengirim surat pelantikan Gibran) karena pelantikan memang belum jadi besok," terang Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benny Irwan, Selasa (16/2).

Adapun pelantikan tahap pertama rencananya baru akan digelar pada akhir bulan Februari 2021 ini. Pelantikan tersebut akan diikuti oleh para kepala daerah yang tak terlibat sengketa hasil Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK), termasuk Gibran, dan juga kepala daerah yang sengketanya sudah tuntas.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts