Istana Buka Suara Atas Kerumunan Kunker Jokowi di NTT
presidenri.go.id
Nasional

Dalam video yang beredar, Jokowi juga tampak sempat muncul dari rooftop mobil yang ditumpanginya dan melambaikan tangan ke arah massa. Sang Presiden juga sempat melemparkan sesuatu kepada kerumunan.

WowKeren - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Maumere, Nusa Tenggara Timur, pada Selasa (23/2) kemarin. Namun, kunker Jokowi tersebut dilaporkan menimbulkan kerumunan warga yang menyemut di sekitar iring-iringan sang Presiden.

Hal ini lantas menjadi sorotan lantaran kerumunan massa berpotensi menimbulkan penularan virus corona (COVID-19). Pihak Istana lantas buka suara atas kerumunan yang terekam di video tersebut.

"Benar itu video di Maumere. Setibanya di Maumere, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Napun Gete," jelas Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Selasa. "Saat dalam perjalanan, masyarakat sudah menunggu rangkaian di pinggir jalan, saat rangkaian melambat masyarakat maju ke tengah jalan sehingga membuat iring-iringan berhenti."

Dalam video tersebut, Jokowi juga tampak sempat muncul dari rooftop mobil yang ditumpanginya dan melambaikan tangan ke arah massa. Sang Presiden juga sempat melemparkan sesuatu kepada kerumunan. Menurut Bey, kala itu Jokowi memang menyapa warga namun sekaligus mengingatkan penerapan protokol kesehatan dengan menggunakan masker.


"Kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker," ungkap Bey. "Karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya."

Terkait pembagian souvenir yang dilakukan Jokowi, Bey menyebut hal itu merupakan bentuk spontanitas sang Presiden dalam menghargai antusiasme warga. Souvenir yang dibagikan berupa buku hingga masker dan diharap bisa bermanfaat bagi warga.

"Itu spontanitas Presiden untuk menghargai antusiasme masyarakat. Souvenirnya itu buku, kaos, dan masker," pungkas Bey. "Tapi poinnya, Presiden tetap mengingatkan warga tetap taati protokol kesehatan."

Di sisi lain, Jokowi baru saja meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, NTT pada Selasa kemarin. Bendungan seluas 99 hektare tersebut memiliki kapasitas tampung air mencapai 11,2 juta meter kubik dan diprediksi mampu mengairi area irigasi seluas 300 hektare. Pembangunan bendungan tersebut telah dilaksanakan sejak Januari 2017 lalu dan menghabiskan anggaran sebesar Rp 880 miliar.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru