Tak Kalah Seru dan Menarik, Ini 7 Wisata Alam Sekitar Borobudur yang Bisa Kamu Jelajahi
Unsplash/Herry Sutanto
Travel

Sudah jauh-jauh ke Magelang, tak lengkap rasanya jika kamu belum mengunjungi spot-spot eksotis di sekitar kawasan Candi Borobudur yang tak kalah menarik berikut ini.

WowKeren - Sebagai salah satu ikon wisata di Indonesia, Candi Borobudur memang wajib dikunjungi. Candi yang merupakan peninggalan kerajaan Buddha ini bahkan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Terletak di Magelang, Jawa Tengah, candi ini tak pernah sepi wisatawan

Candi yang diperkirakan memiliki tinggi setara dengan gedung 10 lantai ini dianggap sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Kompleks candi dianggap sebagai contoh luar biasa dari mahakarya seni dan arsitektur Indonesia dari masa awal abad 8-9.

Namun, tahukah kamu jika di sekitar Candi Borobudur juga ada banyak tempat yang tak kalah menarik untuk dikunjungi? Sudah jauh-jauh ke Magelang, akan sayang kalau kamu tidak mampir ke spot-spot menarik lainnya. Seperti beberapa berikut di antaranya.

(wk/zodi)

1. Bukit Dagi


Bukit Dagi
Instagram/dagiabhinaya

Spot pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Bukit Dagi. Bukit ini sendiri terletak di tengah-tengah kompleks Candi Borobudur. Meski belum banyak yang tahu spot ini, jangan ragu dengan panorama yang ditawarkan. Selain dimanjakan dengan pemandangan indah, kamu akan merasakan udara yang sejuk dan segar.

Konon, Bukit Dagi dianggap sebagai lokasi tertinggi di kawasan kompleks Candi Borobudur. Tak heran jika lokasi ini sering dijadikan sebagai tempat untuk mengawasi candi. Kalau kamu mengunjungi tempat ini saat pagi hari, kamu akan dapat bonus pemandangan matahari terbit yang aduhai.

2. Menikmati Udara Sejuk di Punthuk Setumbu


Menikmati Udara Sejuk di Punthuk Setumbu
Instagram/joerahardjo

Lokasi lain yang bisa kamu jadikan tempat untuk mengabadikan betapa eksotisnya pemandangan saat matahari terbit adalah Punthuk Setumbu. Penamaan ini diambil dari bahasa Jawa yakni punthuk yang artinya perbukitan dan setumbu yang artinya tempat nasi yang terbuat dari anyaman.

Lokasinya yang berada 400 meter di atas permukaan air laut membuat udara di sini terasa sangat sejuk. Di sini, tersedia beberapa bangku kayu yang tak pernah sepi pengunjung. Karena lokasi ini adalah tempat paling strategis untuk melihat panorama alam maka jangan kaget jika kamu harus berebut dengan yang lain.

3. Sawah Hijau Nan Asri di SvargaBumi


Sawah Hijau Nan Asri di SvargaBumi
Instagram/vinkhaaa

Setelah puas dengan panorama perbukitan, jangan buru-buru pulang. Ada satu lokasi yang tak kalah menarik yakni Svargabumi. Di sini, kamu bisa menyejukkan matamu dengan pemandangan berupa hamparan sawah yang asri nan hijau. Dari sini kamu juga bisa melihat indahnya pemandangan Borobudur dan Bukti Menoreh.

Di sini, ada banyak spot foto menarik yang siap membuatmu lupa waktu saat berselfie. Mengusung konsep pelestarian alam dan tema wisata sawah swafoto, Svargabumi mulai dibuka sejak Agustus 2020 lalu. Pastikan kamu mengunjungi destinasi ini saat ke Magelang, ya.

4. Rafting di Sungai Elo


Rafting di Sungai Elo
Instagram/herinuryanto692

Kurang puas hanya dengan berselfie? Pacu adrenalinmu dengan turun ke Sungai Elo. Wisata ini cocok bagi kamu yang berjiwa petualang dan menyukai tantangan. Sungai ini terbilang aman untuk pemula. Bagi kamu yang takut berenang tetapi ingin mencoba sensasi arung jeram, jangan ragu untuk ikut bersenang-senang.

Pasalnya, setiap peserta diwajibkan untuk memakai pelampung demi keamanan dan keselamatan. Rasakan keseruan menyusuri aliran sungai yang cukup deras sambil merasakan harumnya aroma alam. Tak cukup sampai di situ, kamu akan dihadapkan pada batu-batu di aliran sungai yang siap menantang perahumu.

5. Serunya Rumah Pohon di Bukit Barede


Serunya Rumah Pohon di Bukit Barede
Instagram/liuktir

Terletak di kawasan Bukit Menoreh, lokasi wisata yang satu ini memiliki panorama khas pegunungan. Bukit Barede hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari Candi Borobudur. Kamu juga bisa mengejar indahnya panorama matahari terbit jika datang ke sini pagi hari.

Manjakan matamu dengan lanskap memukau dengan menikmatinya lewat rumah pohon yang tersedia. Meskipun letaknya sedikit ke dalam namun akses jalan menuju lokasi ini cukup baik. Di bukit ini, kamu tak harus mendaki gunung tinggi untuk bisa melihat indahnya matahari terbit.

6. Sunrise Eksotis di Punthuk Mongkrong


Sunrise Eksotis di Punthuk Mongkrong
Instagram/raytaita

Berlokasi di Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Punthuk Mongkrong hanya berjarak 8 kilometer dari Candi Borobudur. Di sini, kamu juga bisa menikmati indahnya sunrise. Untuk mendapatkan momen terbaik, sebaiknya kamu menginap di sekitar kawasan Borobudur.

Dengan begitu, saat fajar tiba kamu sudah bisa berangkat. Oh ya, karena kondisi jalan menuju Punthuk Mongkrong cukup menanjak terjal sebaiknya pastikan kendaraanmu dalam kondisi baik. Untuk mendapatkan kondisi yang cerah sebaiknya kamu ke sini saat musim kemarau.

7. Air Terjun Kedung Kayang yang Asri


Air Terjun Kedung Kayang yang Asri
Instagram/saragih_erick

Boleh dibilang, kawasan Borobudur adalah lokasi paket lengkap yang menyediakan wisata alam. Tak hanya sawah, perbukitan, maupun sungai, kamu juga bisa menikmati indahnya air terjun. Terletak di 1.200 meter di atas permukaan air laut, keindahan bentang alam ini bisa dinikmati dari berbagai sisi.

Jika pada umumnya melihat air terjun harus dilakukan saat musim hujan, namun tidak demikian dengan Kedung Kayang. Pasalnya, air terjun ini tak pernah surut bahkan saat musim kemarau sekalipun. Air terjun eksotis ini berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu, tepatnya di Dusun Ngagrong, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Magelang.

Alam Indonesia yang eksotis memang seakan tak ada habisnya untuk dinikmati. Selain Borobudur, masih banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi, seperti destinasi di Nusa Tenggara Timur berikut ini. Intip juga resort di Indonesia yang punya nuansa mirip luar negeri di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru