Heboh Saldo Nasabah Rp12,5 Juta Raib Begitu Saja, BRI Beber Penyebab
Pixabay/Mohamad Trilaksono
Nasional

Seorang nasabah BRI melaporkan saldonya senilai Rp12,5 juta raib menyisakan dana Rp500 ribu. Sang nasabah pun mengaku tak melakukan transaksi apapun sebelumnya.

WowKeren - Pekan ini masyarakat sempat digegerkan dengan saldo belasan juta rupiah yang raib begitu saja. Adalah yang melaporkan bernama Aris, seorang nasabah Bank Rakyat Indonesia dari Bojonegoro Jawa Timur yang mengaku kehilangan dana sampai Rp12,5 juta di ATM miliknya.

Aris mengaku sudah memeriksa mutasi rekeningnya dan menemukan 5 kali penarikan yang terjadi tanpa ia ketahui. Dan alhasil pada Senin (22/2) kemarin saldonya hanya tersisa Rp500 ribu.

BRI pun melakukan investigasi atas kasus tersebut dan kekinian sudah terungkap penyebabnya. Pemimpin Wilayah BRI Surabaya, Triswahju Herlina, mengungkap hilangnya saldo tersebut merupakan bentuk kejahatan berupa aksi skimming. Dan bukan cuma nasabah, skimming merupakan kejahatan yang turut menjadikan perseroan sebagai korban.

"BRI telah melakukan investigasi dan penelusuran," kata Triswahju, Kamis (25/2). "Dan ditemukan bahwa nasabah nasabah tersebut merupakan korban kejahatan skimming."


Triswahju juga menegaskan bahwa keluhan nasabah soal kehilangan dana sudah diselesaikan pada Rabu (24/2) sore. Karena itulah, Triswahju meminta nasabah yang lain untuk berhati-hati melakukan transaksi perbankan, termasuk terkait penjagaan data perbankan pribadi.

"Menjaga kerahasiaan data nasabah seperti nomor rekening tabungan, nomor kartu, nomor CVV kartu kredit, nomor OTP transaksi, dan sebagainya kepada pihak manapun," tegas Triswahju, dilansir dari Kompas. "Termasuk yang mengatasnamakan BRI."

Perihal kehilangan saldo semacam ini ternyata bukan satu-satunya dialami Aris. Mengutip Kompas, rupanya ada 4 nasabah lainnya yang mengalami hal serupa.

Sedangkan untuk kasus Aris ini, terungkap ada penarikan sebanyak 5 kali dengan masing-masing bernilai Rp2,5 juta. Empat transaksi dilakukan sekitar pukul 11.00-15.00 WIB, sedangkan satu lagi penarikan dilakukan pada pagi hari sebelum Aris melapor ke Kantor BRI, Selasa (23/2).

Kejadian kehilangan saldo seperti ini juga sebelumnya sempat dialami seorang nasabah Maybank Indonesia, Winda Earl, yang juga merupakan atlet e-sport. Tak main-main, saldo Winda yang raib sampai senilai Rp22 miliar. Namun demikian, terungkap bahwa raibnya saldo sang atlet e-sport adalah akibat ulah nakal Kepala Cabang Maybank Indonesia.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts