Nissa Sabyan Ucap 'Gelay' Jadi Trending Seperti Aegyo, Analisa Pakar Bahasa Mengejutkan
Instagram/sabyan_gambus
Selebriti
Isu Nissa Sabyan Jadi Orang Ketiga

Pakar kata dan istilah, Dewi Puspita, menganalisa keberadaan kata 'Gelay' yang booming di masyarakat. Namun saat ditanya makna sesungguhnya, Dewi mengungkap jawaban tak terduga.

WowKeren - Nissa Sabyan jadi sorotan ketika mengucap kata "Gelay" di sebuah video di dunia maya. Bersamaan dengan isu pelakor yang menimpa Nissa, kata-kata itu pun kini jadi populer.

Kata "Gelay" bahkan sempat trending di Twitter. Kata itu bahkan disebut-sebut tak kalah populer dari istilah Aegyo yang merupakan kata dari bahasa Korea.

Namun jika Aegyo sudah memiliki makna pasti yakni untuk menggambarkan hal imut seperti perkataan atau sikap, sedangkan istilah Gelay masih jadi misteri. Beberapa waktu lalu, publik berasumsi kalau Gelay bermakna geli. Namun ada juga yang menduga kalau Gelay hanya plesetan dari gak like.

Sementara itu, pakar kata dan istilah, Dewi Puspita, sempat angkat bicara soal "Gelay". Dewi mengakui kalau kata tersebut bukan bahasa yang baku.


"Kalau di KBBI jelas nggak ada ya," kata Dewi pada Cumicumi. "Tapi saya tanya teman-teman yang mudaan, katanya geli, kalau menurut saya ini semacam bahasa gaul yang diciptakan oleh kaum muda untuk mengungkapkan sesuatu yang mungkin lebih mengekspresikan perasaannya atau mengekspresikan yang ada dalam pikirannya.

Dewi juga sempat menjelaskan soal fungsi KBBI. "KBBI tidak menciptakan kata, KBBI hanya merekam kata yang ada di masyarakat. Jadi masyarakat yang menciptakan, tokoh yang mempopulerkan lalu dipakai oleh masyarakat lalu kami masukkan ke KBBI. Tapi tidak semuanya," kata Dewi.

Soal makna Gelay, Dewi tak melihat istilah itu sebagai sesuatu yang negatif. Dewi juga mengakui kata-kata itu kini memang jadi booming.

"Bukan sesuatu yang negatif ya, Nissa hanya mengekspresikan ketika dia mengharapkan temannya mengucapkan apa, ternyata temannya mengharapkan lain. Mungkin lebih ke 'Kok gitu', hanya Nissa Sabyan yang paham maksud sebenarnya mengucapkan 'Gelay', kan sekarang ada kata gemay atau gemoy," ujar Dewi. "Kata ini jadi populer, banyak yang memakai di lingkup tertentu."

Sementara itu, Nissa yang namanya terus dibicarakan sejak diisukan sebagai pelakor hingga diramal menikah diam-diam dengan Ayus Sabyan itu justru masih membisu. Yang mengejutkan, tetangga mengungkap kalau Nissa sudah lima hari tak pulang ke rumah. Pihak orangtua juga diduga malu terkait rumor Nissa itu.

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts