Netizen Indonesia Disebut Paling Tak Sopan se-ASEAN Menurut Riset, Kenapa?
Pixabay
Nasional

Menurut riset 'Digital Civility Index (DCI)' yang dilakukan Microsoft menyebutkan Indonesia menempati posisi ke-29 dari 32 negara untuk tingkat kesopanan netizen se-Asia Tenggara.

WowKeren - Microsoft mengumumkan tingkat kesopanan pengguna internet sepanjang 2020. Dalam laporannya yang berjudul 'Digital Civility Index (DCI)' tersebut, Indonesia menempati posisi ke-29 dari 32 negara untuk tingkat kesopanan netizen se-Asia Tenggara.

Laporan ini sendiri berdasarkan survei yang diikuti oleh 16.000 responden di 32 negara. Sistem penilaian laporan tersebut berkisar dari skala nol hingga 100. Semakin tinggi skor maka semakin rendah kesopanan daring di negara tersebut.

Skor kesopanan daring di Indonesia sendiri naik delapan poin dibandingkan di tahun 2019. Pada 2019 lalu, skor Indonesia adalah 67 sedangkan pada tahun 2020 skornya menjadi 76.

Di Indonesia, penurunan DCI seluruhnya didorong orang dewasa sebesar +16. Hal ini kemudian mengakibatkan penurunan 'rasa sakit yang luar biasa' yang signifikan yang disebabkan oleh interaksi online negatif sebesar -15 poin.


Laporan DCI itu, menyebut 69 persen responden Indonesia mengatakan tindakan yang paling umum dilakukan ketika berinteraksi adalah membela diri dan memperlakukan orang lain dengan hormat dan bermartabat. Terdapat tiga risiko utama di ruang digital yang dihadapi warga Indonesia, yakni hoaks dan scam (+13), ujaran kebencian (+5), dan diskriminasi (-2).

Terkait perundungan di internet, 19 persen responden mengatakan mereka menjadi target perundungan. Sementara 47 persen mengatakan mereka terlibat dalam insiden tersebut.

Secara keseluruhan, 54 persen kaum milenial yang paling terpukul dalam konteks itu. Kemudian disusul Generasi Z (47 persen), Generasi X (39 persen), dan Boomers (18 persen).

Sementara itu, laporan DCI mencatat Singapura menjadi negara teladan di Asia Tenggara seperti tahun sebelumnya. Negara itu menempati urutan keempat secara global dan pertama di Asia Tenggara untuk tingkat kesopanan daringnya.

Skor DCI Singapura adalah 59 atau turun empat poin dari tahun 2019 sebesar 63. Urutan kedua ditempati oleh Malaysia dengan skor 63 dan berada di peringkat kelima secara global. Disusul posisi ketiga ada Filipina dengan skor 66 dan berada di peringkat 13 global, dan keempat ada Thailand dengan skor 69 dan peringkat 19 global.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts