Target 500 Ribu Dosis Sehari, Menko Luhut Yakin RI Bisa Vaksinasi 70 Juta WNI Juli 2021
Instagram/luhut.pandjaitan
Nasional
Vaksin COVID-19

Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap saat ini Indonesia sudah bisa mencapai ratusan ribu vaksinasi COVID-19 dalam sehari dan akan ditingkatkan demi mempercepat herd immunity.

WowKeren - Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo pernah mengungkap target vaksinasi hingga 1 juta kali dalam sehari. Target ini pun dianggap tidak realistis oleh sejumlah pihak, yang ternyata tak menyurutkan gagasan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebab dalam sebuah diskusi virtual, Luhut mengungkap pemerintah punya target melakukan vaksinasi sampai 500 ribu dosis per hari, setengah dari target yang diungkap Jokowi. Target ini pun dipastikan akan terjaga sampai akhir Maret 2021 nanti.

Kendati demikian, Luhut juga mengungkap bahwa saat ini Indonesia sudah bisa memvaksin hingga ratusan ribu dosis per hari. "Ini setiap hari sudah ratusan ribu yang divaksin. Kami terus kawal ini sehingga nantinya pemulihan ekonomi juga bisa secara paralel berjalan," kata Luhut, Kamis (25/2).

Hal ini tak lepas dari upaya untuk mempercepat tercapainya herd immunity demi mengendalikan pandemi COVID-19. Bahkan mantan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu meyakini 70 juta penduduk Indonesia bisa mendapatkan vaksinasinya hingga Juli 2021.


"Juli sampai Agustus, kita bisa dapat 70 juta dan kita target sesuai operasi minimal terjadi herd immunity, dan ekonomi mulai jalan," ujar Luhut, dikutip dari Tempo. Bahkan ditargetkan jumlah vaksinasi yang dilakukan dalam sehari pada April 2021 mendatang mencapai 700 ribu dosis.

Dengan semua target yang dirancang ini, Luhut menilai bukan hal aneh jika herd immunity yang ditargetkan pemerintah bisa tercapai dalam 1-2 tahun. "Kesiapan vaksin kami cukup. Jadi satu-dua tahun itu tidak aneh," tegas Luhut, dikutip dari Republika.

Vaksinasi memang menjadi senjata utama Indonesia saat ini untuk bisa melawan pandemi COVID-19. Sebab pengendalian wabah merupakan langkah utama untuk bisa memulihkan perekonomian dan berbagai sektor kehidupan ke depannya.

Kendati demikian, dalam salah satu pidato terbarunya, Jokowi meyakini bahwa tahun 2021 merupakan masa pemulihan alias recovery untuk Indonesia. Namun Jokowi tetap mendorong publik untuk mematuhi protokol kesehatan 3M, meningkatkan pelaksanaan 3T, serta disiplin menerapkan PPKM skala mikro.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts