Waspadai Mutasi COVID-19, Peneliti Bakal Kembangkan Tes PCR Khusus
Pixabay
Dunia

Para ahli di perusahaan bioteknologi Novozymes di Denmark, tengah mengembangkan tes PCR COVID-19 untuk mendeteksi jenis varian virus corona yang tengah menyebar ke sejumlah negara.

WowKeren - Varian baru virus corona telah berkembang dan menyebar di sejumlah negara di dunia. Hal ini tengah menjadi kekhawatiran baru para peneliti dan ahli kesehatan.

Pasalnya, tes PCR COVID-19 tak dapat mendeteksi jenis varian virus corona. Oleh karena itu, para ahli di perusahaan bioteknologi Novozymes di Denmark, mengembangkan tes PCR COVID-19 khusus yang mampu mendeteksi varian baru virus corona.

Pemeriksaan yang dimodifikasi itu diperkirakan dapat mengidentifikasi varian virus Inggris juga mutasi dari varian Afrika Selatan dan Brasil, kata para pengembang. "Kami telah menulis protokol baru untuk skrining PCR saat ini yang hanya membutuhkan satu komponen tambahan, dan sekarang sedang menguji ini dalam pengaturan klinis pada bahan pasien," kata peneliti di Novozymes Stephanie Oerum dikutip dari Mirror.


"Kami bekerja secepat yang kami bisa," lanjutnya. "Ini tantangan, tetapi bagus. Ini tentang membantu orang dan menghentikan penyebaran varian baru."

Dia mengaku bahwa perusahaan itu dihubungi oleh seorang profesor terkemuka di bidang virologi dan imunologi Universitas Oxford tentang pembuatan teknologi baru. Orang lain yang bertanya tentang kemungkinan modifikasi termasuk kepala Pengobatan Genomik di Rigshospitalet, salah satu rumah sakit terbesar di Denmark.

Serta salah satu ahli negara dalam penelitian oligonukleotida dan pengujian PCR, kata Dr Oerum. "Mereka meminta kami untuk mengembangkan metode skrining yang dapat mendeteksi mutasi pada varian baru, sambil tetap kompatibel dengan protokol PCR saat ini," jelasnya.

Kepala petugas sains dan wakil presiden eksekutif penelitian dan pengembangan Claus Crone Fuglsang mengatakan tim tersebut dengan cepat bergabung. "Kami memiliki kemampuan untuk membantu, seperti yang kami lakukan dalam pengaturan pengujian PCR asli. Itulah yang kami lakukan, kami membantu dunia dengan biologi," tuturnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru