Jadi Korban Komentar Rasis, BTS Dapat Dukungan Dari Halsey Hingga Lauv
Twitter/bts_bighit
Selebriti

Sejumlah musisi Amerika Serikat yang pernah bekerjasama dengan BTS lantas memberikan dukungan kepada boy group asal Korea Selatan tersebut. Di antaranya Halsey, MAX, hingga Lauv.

WowKeren - BTS (Bangtan Boys) sempat menerima komentar yang dianggap bersifat rasis dari host radio Jerman bernama Matthias Matuschik dalam siaran di stasiun Bavaria Bayern 3 pada 25 Februari 2021 lalu. Matthias menggambarkan BTS sebagai "beberapa virus jelek yang semoga akan segera ada vaksinnya juga." Ia juga menyebut cover lagu "Fix You" milik Coldplay yang dinyanyikan BTS untuk MTV Unplugged baru-baru ini merupakan sebuah "penistaan".

Sejumlah musisi Amerika Serikat yang pernah bekerjasama dengan BTS lantas memberikan dukungan kepada boy group asal Korea Selatan tersebut. Di antaranya Halsey, MAX, hingga Lauv.

Lewat Instagram Stories, Halsey menuliskan bahwa dirinya merasa ngeri dengan komentar yang dilontarkan Matthias kepada BTS. Apalagi, tutur Halsey, kekerasan dan ujaran kebencian bagi komunitas Asia kini tengah meningkat di masa pandemi.

"Rasisme dan xenofobia tidak bisa diselubungkan sebagai 'humor saat siaran'," tegas Halsey. "Ini tidak bisa diterima. Aku harap permintaan maaf yang lebih baik untuk BTS, dan kepada komunitas Asia di seluruh dunia, akan segera datang."

Komentar Halsey

Instagram/@iamhalsey

Sementara itu, MAX yang sempat menggaet Suga dalam lagu "Blueberry Eyes" juga mengecam komentar yang dilontarkan host radio Bayern 3. MAX menyebutkan bahwa BTS merupakan salah satu grup yang paling rendah hati dan pekerja keras di industri musik.


"Mereka (BTS) berhak atas semua kesuksesan yang telah mereka peroleh. Mendengar kata-kata penuh kebencian yang digunakan penyiar radio di Bayern 3 untuk mereka membuat saya muak," cuit MAX di akun Twitter-nya pada Sabtu (27/2). "Kebencian kepada mereka dan komunitas Asia secara keseluruhan tak dapat diterima."

Komentar MAX

Twitter/@MAXMusic

Hal senada juga diungkapkan Lauv. Penyanyi yang sempat menggaet BTS dalam lagu bertajuk "Who" tersebut memberikan dukungan melalui cuitan di akun Twitter-nya.

"Berdiri bersama saudara @bts_bighit dan semua orang yang terus menerus dipengaruhi oleh ucapan rasis yang menyakitkan seperti yang kita dengar di Bayern 3," tulis Lauv. "Tidak ada yang harus menanggung ini dan bersama-sama kita harus berdiri untuk menghentikannya."

Komentar Lauv

Twitter/@lauvsongs

Di sisi lain, Matthias dan Bayern 3 telah mempublikasikan permintaan maaf secara online atas komentar terkait BTS tersebut. Mereka menerbitkan pernyataan dalam bahasa Jerman dan Inggris di situs web Bayern 3. Bayern 3 mengatakan dalam pernyataan keduanya bahwa mereka sedang mengatasi masalah dengan Matthias dan tim untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts