Sekolah Tatap Muka, Ini Saran CDC Demi Tekan Penularan COVID-19 di Ruang Kelas
Unsplash/Odd Fellow
Dunia

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengeluarkan rekomendasi terbaru bagi sekolah-sekolah yang menjalankan proses belajar tatap muka di tengah pandemi COVID-19.

WowKeren - Sejumlah sekolah di Amerika Serikat (AS) telah kembali menggelar pembelajaran tatap muka sejak pertengahan bulan Februari lalu. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pun mengeluarkan rekomendasi terbaru bagi sekolah-sekolah yang menjalankan proses belajar tatap muka di tengah pandemi COVID-19.

Sekolah disarankan membuka seluruh jendela untuk cegah penyebaran virus Corona. Ini adalah rekomendasi pertama dari CDC yang khusus membahas pentingnya ventilasi dalam mengurangi partikel virus di udara.

Seperti yang telah diketahui, virus Corona dapat menyebar lewat udara di dalam ruangan lewat percikan liur halus (aerosol). "Bila kondisinya aman, buka pintu dan jendela. Membuka sedikit celah saja sudah bisa membantu mengurangi potensi konsentrasi partikel virus di udara," tulis CDC pada situs resminya, Minggu (28/2).


CDC juga menyarankan memakai kipas untuk mengoptimalkan aliran udara. Pasang kipas sehingga dapat mendorong udara keluar ruangan, kemudian menarik udara segar dari luar ke dalam ruangan. Apabila sekolah memakai air conditioner (AC) maka pastikan tidak dalam pengaturan yang membuat udara hanya bersirkulasi di dalam ruangan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menargetkan akan kembali membuka sekolah tatap muka pada bulan Juli mendatang. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan jika pembukaan tersebut nantinya akan dilakukan secara bertahap.

Kemendikbud akan mewajibkan pihak sekolah menyiapkan standar operasional maupun fasilitas untuk menjaga kesehatan lingkungan. "Masa pembelajaran tatap muka digunakan untuk kampanye menjaga kesehatan bagi guru dan siswa, galakan penyuluhan kepada siswa agar meningkat kesadarannya akan protokol kesehatan," ujar Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Jumeri, Kamis (25/2).

Jumaeri juga meminta kepada pihak sekolah yang membuka proses pembelajaran tatap muka menjalin kerja sama dengan fasilitas kesehatan terdekat. Termasuk komunikasi antara pihak sekolah dan wali murid secara intensif.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait