Mutasi Corona Inggris Masuk RI Tepat Saat Setahun Wabah, Begini Cara Jitu Satgas Cegah Penyebaran
Pixabay
Nasional
Mutasi Corona Masuk Indonesia

Satgas COVID-19 segera merumuskan langkah untuk mencegah mutasi virus Corona B117 dari Inggris semakin menyebar di Indonesia. Sebab saat ini sudah ada 2 kasus terkait.

WowKeren - Hari ini tepat setahun pandemi COVID-19 ikut mewabah di Indonesia. Dan secara kebetulan, pemerintah resmi menemukan mutasi virus Corona dari Inggris di Tanah Air tepat pada hari tersebut.

Untuk diketahui, mutasi virus Corona dari Inggris ini dikenal jauh lebih cepat menular. Karena itulah, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sudah merumuskan langkah strategis untuk mencegah virus B117 itu berkembang lebih jauh, yakni dengan membatasi mobilitas penduduk.

"Membatasi mobilitas penduduk antar daerah dan antar negara dengan skrining," kata Wiku, Selasa (2/3). Namun pembatasan mobilitas bukan satu-satunya cara, melainkan juga Satgas COVID-19 meminta agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

"Intinya adalah mencegah penularan dengan cara 3M secara disiplin," tegas Wiku. Penerapan prokes 3M dengan disiplin merupakan kunci utama memutus rantai penularan virus.


Memang keberadaan mutasi B117 ini harus sangat diwaspadai, karena ternyata bahkan 50-70 persen jauh lebih cepat menular daripada jenis SARS-CoV-2 biasa. "CDC AS telah menyatakan bahwa peningkatan penularan varian corona B117 yang mendorong pentingnya tindakan preventif," kata pakar bioinformatika, Riza Putranto, Selasa (2/3).

Bukan cuma 3M, di mata Riza pemutusan mata rantai penularan virus Corona B117 ini harus dilakukan dengan 5M. Yakni menambahkan protokol menghindari kerumunan dan meminimalisir mobilitas. "Dan kali ini perlu digalakkan lebih serius," kata Riza, dikutip dari Kumparan.

Dan tentu saja program vaksinasi harus tetap berjalan sesuai rencana hingga mencapai targetnya. "Hal ini penting untuk menghentikan kemungkinan transmisi lokal B117 di wilayah Indonesia," pungkas Riza.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengungkap keberadaan kasus mutasi virus Corona B117 dari Inggris di Tanah Air. Tercatat ada 2 kasus dengan mutasi virus ini yang ditemukan pada Senin (1/3) malam.

"Tepat satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan2 kasus," kata Dante saat memberikan sambutan dalam acara Satu Tahun Pandemi COVID-19.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts