Baru Diangkat, Dubes Myanmar Untuk PBB Pilihan Militer Mengundurkan Diri
Reuters
Dunia

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan Duta Besar Myanmar untuk PBB yang baru diangkat oleh junta militer Tin Maung Naing untuk menggantikan Kyaw Moe Tun diri pada Kamis (4/3) waktu setempat.

WowKeren - Duta Besar (Dubes) Myanmar untuk PBB yang baru diangkat oleh junta militer mengundurkan diri pada Kamis (4/3) kemarin. Tin Maung Naing ditunjuk oleh junta militer sebagai Duta Besar PBB menggantikan Kyaw Moe Tun.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan, bahwa misi Myanmar telah mengirimkan komunikasi yang menginformasikan kepada badan tersebut bahwa Tin Maung Naing telah menyerahkan surat pengunduran dirinya mengingat bahwa Kyaw Moe Tun tetap menjadi perwakilan tetap Myanmar untuk PBB.


Langkah itu dilakukan setelah perselisihan yang membuat Kyaw Moe Tun menulis surat kepada presiden Majelis Umum PBB, Senin untuk menegaskan kudeta melanggar hukum dan oleh karena itu militer tidak memiliki wewenang untuk menggulingkannya. "Karena itu saya ingin mengkonfirmasi kepada Anda bahwa saya tetap menjadi wakil tetap Myanmar untuk PBB," ujar Kyaw dikutip dari Channel News Asia (CNA), Jumat (5/3).

Seperti yang telah diketahui, Kyaw Moe Tun telah dipecat oleh junta militer dan dikabarkan melalui televisi pemerintah Myanmar pada Sabtu (27/2) lalu karena disebut telah mengkhianati negara setelah sehari sebelumnya dia mendesak PBB untuk menggunakan 'segala cara yang diperlukan' untuk membalikkan kudeta yang menggulingkan pemimpin terpilih negara itu, Aung San Suu Kyi.

Namun dalam surat kepada Presiden Majelis Umum PBB Volkan Bozkir dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken, Kyaw Moe Tun mengatakan dia tetap menjadi duta besar Myanmar untuk PBB. "Pelaku kudeta yang melanggar hukum terhadap pemerintah demokratis Myanmar tidak memiliki kewenangan untuk melawan otoritas sah presiden negara saya," tulisnya.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts