Birthday Spotlight: Happy Eugene Day
newstomato.com
Selebriti
Birthday Spotlight

WowKeren turut merayakan ulang tahun Eugene yang jatuh pada 3 Maret dengan mengulas perjalanan hidup dan karier bintang 'Penthouse' tersebut. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Untuk merayakan ulang tahun Eugene yang telah berlangsung pada hari Rabu (3/3) lalu, tim redaksi akan mengulas riwayat hidup dan perjalanan karier bintang "Penthouse" tersebut.

Eugene adalah seorang penyanyi, aktris dan pembawa acara Korea Selatan yang kini berusia 40 tahun. Ia merupakan anggota dari grup idol S.E.S yang sangat populer di akhir 1990-an dan awal 2000-an. Setelah promosi grup berkurang, Eugene lebih aktif berkarier di dunia akting. Ia telah membintangi sejumlah drama dan film terkenal, termasuk "Bread, Love and Dreams" dan "Penthouse".

Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Eugene di industri hiburan Korea Selatan sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Eugene lahir dengan nama asli Kim Yoo Jin pada 3 Maret 1981 di Seoul, Korea Selatan. Saat duduk di kelas 5 SD, Eugene dan keluarganya pindah ke Guam atas saran dari sang kakek. Ia menghabiskan masa remaja hingga SMA-nya di kepulauan kecil yang berada di bawah pemerintahan Amerika Serikat tersebut.

Eugene kembali ke Korea saat SMA dan akhirnya lulus di Korea Kent Foreign School, Seoul, pada Juni 1999. Selama sekolah, dia dikenal sebagai salah satu murid pintar yang selalu memiliki nilai bagus. Bahkan lebih dari 80 persen mata pelajaran yang ia pelajari saat SMA diganjar dengan nikai A.

2. Debut


Debut

Eugene mengawali karier sebagai idol K-Pop pada tahun 1997. Ia debut sebagai vokalis sekaligus visual grup S.E.S di bawah naungan SM Entertainment. S.E.S sendiri merupakan singkatan nama panggung ketiga membernya, yakni Sea (Bada), Eugene dan Shoo.

Saking suksesnya, S.E.S dipandang sebagai versi wanita H.O.T, grup lain dari SM yang juga menikmati popularitas di akhir 1990-an dan awal 2000-an. Karena itulah S.E.S sangat populer di kalangan penggemar generasi pertama K-Pop dan album mereka selalu habis terjual. Lagu-lagunya pun masih cukup fenomenal hingga saat ini.

Para anggota telah melalui sejumlah perubahan gaya dan citra yang bervariasi, mulai dari imej manis hingga seksi. Meski menuai kesuksesan besar, S.E.S hanya aktif sampai tahun 2002 karena negosiasi perpanjangan kontrak yang tidak lancar. Pada akhirnya, Eugene dan Bada memutuskan untuk hengkang dari SM Entertainment.

Pada tahun 2007, para member bersatu kembali untuk merayakan ulang tahun ke-10 S.E.S. Di tahun berikutnya, mereka muncul di acara "Happy Sunday" dan pada 2009 ketiganya membuat penampilan bersama sebagai kelompok di acara Come to Play". Tak hanya itu, sebab S.E.S juga merilis album baru untuk merayakan peringatan 20 tahun debut pada tahun 2017 lalu.

3. Puncak Karier


Puncak Karier
Instagram/sbsdrama.official

Ada beberapa momen kesuksesan Eugene selama berkarier di industri hiburan. Saat berpromosi sebagai grup, ia pernah mencetak rekor membanggakan yakni penjualan album terbanyak (sepanjang karier) di Korea. Grupnya S.E.S berhasil menjual lebih dari 3,6 juta album sejak debut. Rekor ini bertahan selama beberapa tahun sebelum dikalahkan oleh Twice yang berhasil menjual 3,75 juta album pada 2019.

Selain itu, S.E.S juga pernah memegang rekor penjualan album album terbanyak dengan catatan 760 ribu kopi untuk album "LOVE". Rekor ini bertahan selama 23 tahun sebelum dikalahkan oleh "THE ALBUM" milik BLACKPINK (Black Pink).

Tak hanya piawai di dunia musik, Eugene juga dikenal sebagai salah satu aktris berbakat yang telah membintangi sejumlah drama dan film populer. Di antaranya adalah "Drama Special: Princess Hwapyung's Weight Loss" yang membuatnya dinobatkan sebagai Short Drama Actress dalam ajang KBS Drama Awards 2011 .

Di tahun 2015, Eugene sukses membuktikan keahlian aktingnya saat membintangi drama "All About My Mom" bersama Lee Sang Woo. Untuk perannya dalam drama ini, ia diganjar dengan penghargaan Excellent Actress di ajang KBS Drama Awards 2015.

"Penthouse" juga bisa dianggap sebagai momen puncak dalam perjalanan karier Eugene. Meski "Penthouse" adalah drama comeback-nya setelah 5 tahun, Eugene sukses membuktikan kelasnya sebagai salah satu aktris berbakat Korea. Berkat penggambaran karakter Oh Yoon Hee yang sangat apik, Eugene berhasil menyabet penghargaan Best Actress di ajang SBS Drama Awards 2020.

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara
Instagram/graziakorea

Pada tahun 2011, Eugene mengumumkan pernikahannya dengan aktor sekaligus penyanyi Ki Tae Young usai terlibat cinta lokasi dalam drama "Seeking Love". Keduanya resmi menikah pada 23 Juli 2011 di Seoul Central Church, Anyang, Korea Selatan. Eugene dan Ki Tae Young dikenal sebagai pasangan harmonis dan kerap membagikan momen kebersamaannya di media sosial.

Kini keduanya telah memiliki dua orang anak. Anak pertamanya bernama Kim Rohee yang lahir pada tahun 2015 di Guam. Kim Rohee pernah menjadi salah satu bayi idola setelah tampil dalam program "Superman is Back" pada tahun 2006 hingga awal 2008. Sedangkan anak kedua Eugene bernama Kim Rorin yang lahir pada 18 Agustus 2018.

5. Kontroversi


Kontroversi
DongA

Meski hampir tak pernah menuai kontroversi sejak terjun ke dunia hiburan, keputusan Eugene untuk melahirkan anak pertamanya di Guam pernah mendapat kritik keras. Ada banyak publik Korea yang menganggap keputusan tersebut sembrono karena perjalanan ke luar negeri bisa membahayakan janin.

Setelah kontroversi meluas, agensi akhirnya memberikan klarifikasi. Mereka menyatakan bahwa Eugene ingin melahirkan di tempatnya menghabiskan masa remaja.

"Karena Guam adalah rumahnya, dia memutuskan untuk melahirkan disana. Jadi ini berbeda dari istilah 'maternity trip'. Harap berikan sambutan yang hangat untuk bayi yang baru lahir," ujar pihak agensi kala itu.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Xsportnews

Eugene saat ini tengah disibukkan dengan proses syuting "Penthouse" season 2 untuk memerankan karakter Oh Yoon Hee. Ia juga akan membintangi season 3 drama makjang ini dengan para pemeran yang lain. Belum dikonfirmasi proyek masa depan apa yang akan dibintangi oleh Eugene, karena itulah pastikan untuk tetap memantau update beritanya di WowKeren ya.

You can share this post!

Related Posts