Waduh! Kini 'Diburu' Corona B117, Ini Perkiraan Menkes Soal Kapan Herd Immunity Tercapai
Twitter/KemenkesRI
Nasional

Herd Immunity baru bisa dicapai apabila 70 persen populasi suatu negara menerima vaksinasi COVID-19. Lantas kapan perkiraan Indonesia bisa mencapai herd immunity?

WowKeren - Herd immunity alias kekebalan kelompok adalah yang dikejar dalam program vaksinasi COVID-19 termasuk di Indonesia. Apalagi kini Indonesia sendiri tengah menghadapi bahaya varian baru virus Corona mutasi Inggris, yakni B117, yang bahkan telah menyebar ke 5 provinsi dengan total 6 kasus.

Lantas dengan krisis yang ada, ditambah dengan tingkat kemampuan Indonesia dalam menggelar vaksinasi, kira-kira kapan herd immunity itu akan terbentuk? Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun menegaskan, pada intinya herd immunity bisa tercapai jika sudah 70 persen lebih populasi Indonesia yang berhasil divaksin. Namun proses ini tidak hanya tergantung pada kecepatan vaksinasinya tetapi juga ketersediaan vaksin di masyarakat.

"Memang diharapkan, kita akan bisa mengejar 70 persen dari populasi, kita harapkan," terang Budi Gunadi dalam konferensi pers virtual, Senin (8/3). "Itu tergantung ketersediaan vaksin yang sampai saat ini masih baru bisa dipenuhi sampai Maret 2022."

Dijelaskan lebih lanjut oleh Budi Gunadi, penentuan target penerima vaksin di tahap 1 dan 2 disesuaikan dengan tujuan awal pembentukan herd immunity. Seperti tahap 1 yang menyasar para tenaga kesehatan yang berisiko besar tertular COVID-19 akibat berinteraksi langsung dengan pasien, hingga tahap 2 yang menyasar petugas publik dan lansia.


Harapannya, dengan program Vaksinasi Gotong Royong, kelompok pekerja umum bisa segera mendapatkan jatah vaksinasi. Dengan program ini diharapkan pula herd immunity bisa dipercepat tercapainya pada 2021.

"Kita sekarang melakukan vaksinasi mekanisme baru gotong royong," imbuh Budi Gunadi. "Kalau itu, bisa dipercepat vaksin gratis, kita bisa kurangi porsi yang harus di-deliver di awal 2022 sehingga bisa tercapai lebih cepat di 2021."

Vaksinasi COVID-19 memang terus dilaksanakan oleh pemerintah dengan target mencapai ribuan orang setiap harinya, Bahkan belum lama ini Menteri BUMN Erick Thohir lewat program Sentra Vaksinasi COVID-19 Bersama menarget 5 ribu lansia bisa divaksin setiap harinya.

"Percepatan vaksinasi nasional harus dilakukan demi mewujudkan Indonesia Sehat sesegera mungkin," tegas Erick lewat keterangan tertulisnya, Senin (8/3). Program ini sendiri baru terlaksana di DKI Jakarta namun akan diperluas jangkauannya ke wilayah lain.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait