Birthday Spotlight: Happy Tae Yeon Day
Gran Saga
Selebriti

Tae Yeon merayakan ulang tahunnya yang ke-32 (33 tahun menurut perhitungan Korea) pada 8 Maret lalu. Ini menjadi tahun ketiga pemilik nama lengkap Kim Tae Yeon tersebut memasuki usia 30-an.

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, penyanyi populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Tae Yeon Girls' Generation.

Tae Yeon merayakan ulang tahunnya yang ke-32 (33 tahun menurut perhitungan Korea) pada 8 Maret lalu. Ini menjadi tahun ketiga pemilik nama lengkap Kim Tae Yeon tersebut memasuki usia 30-an.

Tahun ini menandai 14 tahun Tae Yeon debut sebagai penyanyi dan selama 14 tahun terakhir, member tertua Girls' Generation itu telah menelurkan berbagai karya. Kemampuannya sebagai penyanyi pun telah diakui secara luas baik oleh penggemar maupun publik. Simak perjalanan karir Tae Yeon mulai debut hingga kini!

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Tae Yeon lahir pada tanggal 9 Maret 1989 di Jeonju, Korea Selatan. Keluarganya terdiri dari orang tua, kakak laki-laki, dan adik perempuan bernama Kim Hayeon, yang melakukan debut solonya pada tahun 2020. Setelah percaya bahwa dia "hanya berbakat" dalam menyanyi, Tae Yeon memendam impian menjadi penyanyi di usia muda. Selama tahun keduanya di SMP, Tae Yeon menemani ayahnya ke SM Academy (bekas lembaga musik dan afiliasi tambahan SM Entertainment), untuk mengejar pelajaran vokal.

Meskipun pada saat ayahnya tidak mendorong Tae Yeon untuk menjadi seorang entertainer, dia dibujuk oleh kepala sekolah untuk memberikan kesempatan kepada putrinya setelah dia mengenali suara "bersih" Taeyeon. Selama tahun berikutnya, Tae Yeon menemani ayahnya dari kampung halaman mereka ke Seoul pada setiap hari Minggu untuk menerima pelajaran vokalnya dari The One. Dia menyebut BoA, Whitney Houston dan Utada Hikaru sebagai inspirasi pra-debutnya.

2. Debut


Debut

Bersama member Girls' Generation lainnya, Tae Yeon resmi debut dengan tampil di program musik "Inkigayo" pada 5 Agustus 2007 membawakan lagu debut "Into the New World". Lagu tersebut mendapat sambutan cukup hangat dari publik.

Pada November 2007, Girls' Generation melanjutkan kesuksesan mereka dengan merilis full album pertama bertajuk "Girls' Generation" dengan lagu utama berjudul sama yang merupakan remake dari lagu milik Lee Seung Cheol. Pada Maret 2008, album tersebut dirilis ulang dengan judul "Baby Baby".

3. Puncak Karir


Puncak Karir
SM Entertainment

Nama Girls' Generation langsung dikenal luas di kalangan publik usai mereka merilis mini album "Gee" pada 7 Januari 2009. Lagu utamanya yang juga berjudul "Gee" berhasil memuncaki chart musik tahunan serta mengantarkan mereka meraih 9 piala "Music Bank".

Girls' Generation merilis mini album kedua mereka yang bertajuk "Genie" pada Juni 2009 dengan lagu utama berjudul sama. Kesuksesan ini terus berlanjut dengan dirilisnya full album kedua bertajuk "Oh!" yang menelurkan lagu hits "Oh!". Di tahun yang sama, Girls' Generation bergabung dengan Nayutawave Records yang menandai dimulainya aktivitas mereka di Jepang.

Pada Oktober 2011, Girls' Generation merilis full album ketiga berjudul "The Boys". Karir mereka di Jepang juga tak kalah gemilang di mana Girls' Generation meraih penghargaan Album of the Year di ajang MTV Video Music Awards Japan 2012 serta mendapat sertifikasi dari RIAJ usai album Jepang "Girls' Generation" terjual 1 juta copy.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
SM Entertainment

Tae Yeon mulai mengerjakan proyek solonya pada akhir tahun 2014, percaya bahwa "waktu yang tepat" telah datang setelah pengalaman delapan tahun dengan Girls 'Generation. Dia merilis mini album debutnya, "I" pada Oktober 2015. Mini album ini menempati nomor dua di Gaon Album Chart Korea Selatan, dan berhasil memasuki chart US Billboard World Albums. Pada 2019, album ini terjual 160.000 copy di Korea Selatan.

Full album pertama Tae Yeon, My Voice, telah dalam proses produksi selama lebih dari setahun, dirilis pada Februari 2017 dan menyertakan single "Fine". Baik album dan lagunya diterima dengan baik, masing-masing menduduki puncak Tangga Album Gaon dan Tangga Lagu Digital Gaon. Pada tanggal 5 April 2017, edisi deluxe dari album tersebut dirilis, disertai dengan single "Make Me Love You". Lagu ini mencapai nomor empat di Gaon Digital Chart. Pada Mei 2017, Tae Yeon memulai tur Asia pertamanya, "Persona".

5. Kontroversi


Kontroversi
Dispatch

Pada Juni 2014, media lokal Dispatch mempublikasikan foto-foto kencan Tae Yeon dan Baekhyun EXO. Foto-foto tersebut menunjukkan dua penyanyi bersuara merdu itu yang sedang berkencan di mobil Tae Yeon. SM Entertainment kemudian mengkonfirmasi bahwa mereka memang menjalin hubungan.

Gara-gara hubungannya dengan Baekhyun ini, Tae Yeon sempat menuai reaksi keras dari para penggemar EXO di mana sebagian fans melontarkan komentar buruk kepadanya. Keduanya dilaporkan mengakhiri hubungan tak lama setelahnya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/taeyeon_ss

Pada 18 November 2020, Tae Yeon merilis mini album berbahasa Jepang keduanya, "#GirlsSpkOut". Pada 15 Desember 2020, Tae Yeon merilis mini album berbahasa Korea keempatnya, "What Do I Call You". Pada tanggal 1 Januari 2021, ia ambil bagian dalam "SMTOWN Live Culture Humanity Concert" dan menampilkan single "What Do I Call You" secara live untuk pertama kalinya.

Tae Yeon diyakini masih akan disibukkan dengan kegiatan solo di bidang musik, fashion, syuting iklan dan pemotretan, serta tampil di variety show. Kabar tersebut menyebutkan kalau member Girls' Generation telah saling bertemu untuk membahas comeback, tapi belum ada pengumuman resmi.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait