Perusahaan di Jepang Beri Pegawai Cuti Patah Hati, Apa Itu?
Piqsels
SerbaSerbi

Sebuah perusahaan kreatif yang berbasis di Tokyo yang bergerak di bidang video musik dan iklan di TV, Hiroro membuat kebijakan Sistem Liburan Oshi (idola/artis favorit). Seperti apa?

WowKeren - Pekerja di Jepang dikenal dengan sifat tekun, disiplin dan ulet. Bahkan banyak dari mereka yang berkerja mulai matahari belum terbit hingga malam hari.

Tak hanya itu, aturan di perusahaan pun terkenal ketat. Beberapa jenis pekerja bahkan harus tetap masuk meskipun tengah sakit. Hal ini menyebabkan para pekerja merasa stres dan depresi.

Namun, ada sebuah perusahaan yang nampaknya "menghancurkan" image negatif tersebut. Adalah sebuah perusahaan kreatif yang berbasis di Tokyo yang bergerak di bidang video musik dan iklan di TV, Hiroro yang menerima gagasan bahwa kondisi mental dan emosional pekerja sama pentingnya dengan kesehatan fisik mereka.

Pendiri dan presiden Hiroro, Shizen Tsurumi baru-baru ini mengumumkan kebijakan perusahaan baru yang memungkinkan karyawan untuk mengambil cuti jika penyanyi idola favorit mereka pensiun, sehingga mereka bisa menenangkan perasaan sejenak. Kebijakan baru ini disebut Sistem Liburan Oshi (idola/artis favorit).

Sistem ini memungkinkan karyawan mengambil cuti hingga 10 hari jika artis favorit nomor satu mereka pensiun, dan 3 hari libur untuk artis favorit kedua atau peringkat lebih rendah. Sementara itu, jika artis favorit nomor satu menikah, karyawan juga berhak mendapatkan cuti duka selama 10 hari.


Cuti yang diberikan ini merupakan cuti berbayar, dan karyawan diizinkan untuk membaginya menjadi beberapa bagian jika mau, seperti mengambil beberapa hari libur ketika artis favorit mengumumkan bahwa ia bertunangan, dan kemudian sisanya ketika upacara pernikahan yang sebenarnya berlangsung.

Tsurumi kemudian menjelaskan, sistem cuti yang diberikan kepada pegawainya ini terinspirasi dari 2 peristiwa sebelumnya. Pertama, ketika ia melihat seorang karyawan yang merupakan penggemar Nana Mizuki, kehilangan fokus pada musim panas lalu akibat penyanyi sekaligus pengisi suara favoritnya mengumumkan pernikahan.

Kasus kedua dan yang baru-baru ini terjadi, adalah karyawan yang merasa sedih karena artis favoritnya segera pensiun, kemudian ia berkata kepada karyawan tersebut untuk mengambil cuti jika perlu. Hingga akhirnya Tsurumi memutuskan untuk membuat kebijakan baru yang diresmikan perusahaan.

Tidak hanya untuk saat-saat sedih, sistem ini juga memudahkan karyawan meminta cuti atau meninggalkan kantor lebih awal ketika artis favorit para pegawai mengadakan konser, meet and greet, bahkan "konser kejutan" yang diumumkan secara mendadak.

Bagi para pegawai yang bukan penggemar idol mungkin menilai kebijakan ini terlalu berlebihan. Namun, untuk Hiroro, perusahaan yang memiliki nilai dan keyakinan bahwa "Tidak ada yang dapat memotivasi seseorang untuk bekerja lebih keras lagi daripada perasaan terhadap orang dan hal-hal yang mereka sukai" ini Sistem Liburan Oshi bertujuan untuk menjaga karyawan agar tetap produktif dan bahagia.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts