Ridwan Kamil-Bima Arya Sasar Mal Untuk Lokasi Layanan Vaksinasi COVID-19
Instagram/ridwankamil
Nasional
Vaksin COVID-19

Dalam kunjungannya di Kota Bogor, Jumat (19/3) hari ini, Presiden Jokowi meminta agar Pemprov bisa meningkatkan kapasitas vaksinasi di Jawa Barat demi mempercepat target herd immunity.

WowKeren - Presiden Joko Widodo meninjau langsung proses vaksinasi COVID-19 di dua lokasi Kota Bogor pada Jumat (19/3) hari ini. Tak sendiri, Jokowi didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pada kesempatan itu, pria yang kerap disapa Kang Emil tersebut mendapat arahan agar meningkatkan kapasitas vaksinasi di Jawa Barat. "Mengarahkan kami untuk meningkatkan kapasitas (vaksinasi), sudah kami hitung kalau mengandalkan Puskesmas nggak akan cukup bisa bertahun-tahun kan," kata Emil di GOR Pajajaran Kota Bogor, Jumat (19/3).

"Makanya mendorong gedung- gedung, baik gedung olahraga, gedung di hotel untuk vaksinasi massal," sambungnya. "Kemudian memanfaatkan GOR untuk drive thru, termasuk mengarahkan agar mal-mal juga dipakai ya. Itu arahannya."

Kang Emil juga berharap agar vaksinasi di sektor pelayan publik bisa selesai Juni mendatang. Setelahnya menyusul tahap vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat umum.


"Juni kan targetnya semua profesi publik dan lansia harus selesai, supaya Juli masuk ke kelompok umum," tuturnya. "Khusus untuk Jawa Barat, karena kasusnya memang banyak di Jabodetabek, saya diminta menguatkan di Bogor, Depok Bekasi."

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan vaksinasi di mal akan dimulai pekan depan sebagai upaya mempercepat target vaksinasi. Dia menjelaskan target vaksinasi COVID-19 akan ditingkatkan dari 5.000 orang menjadi 6.000 orang per hari.

Bima membidik area mal untuk digunakan menjadi tempat layanan vaksinasi. "Minggu depan rencana di mal. Ini sekalian ada kebangkitan ekonomi. Jadi minggu depan akan kita selenggarakan di mal-mal untuk mendorong juga ekonomi warga," ujarnya.

Sekedar informasi, dalam kunjungannya di Kota Bogor itu Presiden Jokowi berharap agar pelayanan drive thru yang diterapkan bisa ditiru wilayah lain. "Baru saja tadi saya melihat proses drive thru vaksinasi yang dilakukan di Kota Bogor. Saya melihat prosesnya berjalan dengan lancar, mulai dari registrasi, skrining, kemudian suntikan vaksin," kata Jokowi di lokasi layanan vaksinasi lantatur atau drive thru di GOR Pajajaran Kota Bogor, Jumat (19/3). "Saya harapkan model-model seperti ini juga bisa dilakukan di kota lain provinsi lain sehingga dapat mempercepat vaksinasi nasional."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts