Lulus SNMPTN 2021 Ternyata Belum Tentu Langsung Diterima Kampus, Kok Bisa?
https://portal.ltmpt.ac.id/
Nasional

Selamat untuk kalian yang sudah lulus SNMPTN 2021! Tetapi tetap cermat ya, sebab LTMPT mengingatkan yang lulus SNMPTN pun belum tentu langsung diterima kampus.

WowKeren - Senin (22/3) sore hari ini menjadi salah satu tanggal bersejarah, sekaligus membuat deg-degan siswa-siswi kelas 12 di seluruh Indonesia. Sebab Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 tepat pukul 15.00 WIB tadi.

Tercatat ada 110.459 siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2021. Namun, tahukah bahwa ternyata lulus SNMPTN tidak serta-merta membuat siswa yang bersangkutan diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang dituju?

Fakta ini seperti dibuka oleh Ketua Tim Pelaksana LTMPT Prof Mohammad Nasih di Jakarta, Senin (22/3). "Masih ada beberapa proses di masing-masing PTN yang akan menentukan status dari peserta," ujar Nasih, menegaskan bahwa status penerimaan mahasiswa ke depannya tetap ditentukan oleh PTN masing-masing.

Disebutkan Nasih, pihak PTN masih akan melakukan verifikasi ulang terhadap peserta. Hal ini berguna untuk mengecek keaslian rapor atau portofolio yang diunggah ke dalam data LTMPT saat mendaftar SNMPTN 2021.


"Sebagai contoh, ada peserta yang lulus SNMPTN 2021, tetapi rapor palsu, atau ada kecurangan bukan rapor dia," tutur Nasih. "Nanti akan ditolak oleh PTN."

Bagi peserta dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah pun, imbuh Nasih, akan menjalani proses verifikasi data lanjutan terkait kondisi ekonominya. Hal ini melalui kunjungan ke tempat yang bersangkutan sebelum ditentukan sebagai mahasiswa, dan bila terbukti tak sesuai kriteria maka akan dihapus.

"PTN (jalur KIP Kuliah) akan melakukan verifikasi data ekonomi dan kunjungan ke tempat tinggal," terang Nasih. "Sebelum menetapkan status penerimaan."

Jangan lupa juga masih ada beberapa tahap yang mesti dilalui para siswa yang sudah lulus SNMPTN ini. Yang pertama tentu saja jangan sampai terlewat jadwal daftar ulang di PTN masing-masing.

Kemudian jangan lupa juga siapkan dokumen dan berkas yang diperlukan untuk verifikasi data lanjutan. Serta jangan lupa, bergabung di grup komunikasi dengan sesama calon mahasiswa baru agar tidak terlewat satu informasi pun.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru