Kabar Baik! PLN Bakal Perpanjang Diskon Listrik, Tapi Ada Perubahan Penting Ini
Instagram/pln_id
Nasional

PLN kembali memberikan stimulus berupa potongan tarif listrik untuk masyarakat kecil dan pelaku usaha serta sosial. Namun ada beberapa penyesuaian seperti berikut.

WowKeren - Pandemi COVID-19 membuat pemerintah mengeluarkan berbagai stimulus untuk menunjang kesejahteraan hidup masyarakat. Termasuk di antaranya stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha dan sosial, hingga diperpanjang pada periode April-Juni 2021.

PLN pun mengaku siap menjalankan keputusan pemerintah tersebut. "PLN siap mendukung dan menjalankan keputusan pemerintah untuk terus memberikan stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha dan sosial yang terdampak COVID-19. Karena sifatnya perpanjangan, saya yakin penyaluran akan berjalan lancar," papar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, dalam keterangan persnya, Senin (22/3).

Namun seperti dinyatakan di surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), maka stimulus periode April-Juni 2021 ini akan diberikan dengan besaran setengah periode sebelumnya. Berikut rincian selengkapnya, dikutip dari Kumparan.


  1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Seperti sebelumnya, untuk pengguna listrik pasca bayar, diskon akan dipotong langsung dari tagihan rekening listrik. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon diberikan saat pembelian token listrik.

"Untuk pelanggan prabayar daya 450, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan WhatsApp, maupun PLN mobile. Stimulus akan langsung di dapat saat membeli token listrik," ujar Bob.

"Kami mengingatkan, khususnya kepada pelanggan 450 VA pasca bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus kembali melakukan pembayaran. Namun tentunya dengan potongan dari stimulus sebesar 50 persen," imbuh Bob.

Sedangkan untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri. Potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru